Home » resep makanan » Cara Membuat Cireng Lezat dan Bergizi

cara membuat cireng, cireng,

Cara Membuat Cireng Lezat dan Bergizi

Cara membuat cireng yang paling banyak orang cari. Sebagian orang mencari resep membuat cireng adalah untuk di praktekkan dirumah. Mengisi waktu senggang sambil belajar memasak. Namun ada pula sebagian yang lain mencari sebuah resep makanan untuk di jadikan sebagai pelengkap bisnis. Dengan kata lain mereka ingin membuat usaha baru yaitu dengan berdagang cireng. Berdagang makanan kecil Cireng merupakan salah satu ide bisnis atau peluang usaha. Karena makanan ini mempunyai rasa yang khas dan sangat di gemari dari kalangan anak kecil sampai orang tua mereka.

Bahan Baku Cara Membuat Cireng

  • Seperempat Kilogram Tepung Tapioka.
  • 1 batang daun bawang yang di iris tipis.
  • 1 sendok makan tepung terigu.
  • 4 bawang putih yang sudah dihaluskan.
  • 4 daun seledri yang di iris kecil-kecil.
  • Setengah sendok teh merica bubuk atau merica yang sudah dihaluskan.
  • 200 Mililiter Santan kelapa.
  • Minyak goreng secukupnya.
  • Penyedap rasa dan garam secukupnya.

Cara Membuat Cireng

Dibawah ini kami masukkan proses Cara Membuat Cireng. Masukkan tepung tapioka dan tepung terigu ke dalam adonan. Carup dengan air. Kemudian campurkan bumbu seperti merica, penyedap rasa, dan tak lupa berikan garam secukupnya sesuaikan dengan selera. Aduk hingga merata. Setelah itu, campurkan seledri dan daun bawang aduk hingga merata pula.

Untuk menambah harum pada cireng yang akan kita buat, tumislah bawang putih yang sudah dihaluskan tadi. Lalu masukkan santan kelapa dan masak hingga mendidih. Setelah mendidih, masukkan santan ke dalam adonan yang sudah di campur dengan bumbu. Aduk hingga rata.

Jika dirasa sudah mulai agak dingin, aduklah dengan menggunakan tangan jika memang tidak memiliki mesin pengaduk makanan. Gunakan sarung tangan memasak yang higienis. Selain untuk kesehatan. Jika anda berjualan di tempat umum, biasakan menggunakan sarung tangan yang bersih. Agar para pembeli yakin dengan kesehatan makanan kita. Jangan sampai kita hanya tau Cara Membuat Cireng tapi mengabaikan kesehatan.

Cara Membuat Cireng selanjutnya adalah setelah semua bahan dirasa sudah siap. Bentuklah adonan sesuai dengan selera anda. Bisa dibentuk dengan pola hati. Bisa anda bentuk atau menggunakan alat cetak makanan berbentuk bintang. Atau bisa pula seperti cireng yang lainnya yang berbentuk bulat tipis. usahakan semua berbentuk tipis. Jangan terlalu tebal tapi juga jangan terlalu tipis sekali. Sewajarnya saja.

Sampai disini Cara Membuat Cireng kita masuk dalam proses penggorengan. Panaskan minyak goreng, gunakan api kecil untuk mencegah gosong. Setelah dirasa minyak sudah siap untuk menggoreng, masukkan adonan yang sudah dibentuk tadi ke dalam wajan penggorengan. Tunggu hingga warna mulai terlihat agak coklat. Setelah dirasa Cireng yang kita goreng sudah matang merata, angkat dan tiriskan.

Cara Membuat Saus Cireng

Meskipun cireng yang sudah kita goreng tadi sudah siap untuk dihidangkan, namun ada baiknya pula kita menambahkan saus makanan agar cireng yang telah kita buat tadi lebih terasa nikmat saat di santap. Di bawah ini adalah salah satu cara membuat saus cireng.

Bahan baku saus cireng :

  • 10 Cabe rawit atau sesuaikan selera anda.
  • 1 jeruk sunkist atau jeruk yang dapat anda temukan dengan mudah disekitar anda. Mungkin nama jeruk sunkist di lain tempat berbeda nama.
  • 1 Sendok gula pasir.
  • 1 Sendok makan tepung maizena.
  • 200 mili liter air.
  • Garam secukupnya.

Cara membuat saus cireng :

Peras jeruk sunkist ambil airnya. Larutkan tepung maizena dengan sedikit air. Lalu iris tipis-tipis cabe rawit. Kemudian rebus air hingga mendidih, lalu masukkan air jeruk, cabe, gula dan garam secukupnya. Aduk sesaat hingga merata. Kemudian masukkan tepung maizena yang sudah dilarutkan dengan air tadi.

Aduk hingga mendidih dan mengental. Jika dirasa sudah cukup, angkat dan sajikan bersama cireng yang telah kita buat tadi. Selain menggunakan saus ini, anda juga bisa berkreasi dengan saus-saus yang lainnya. Seperti saus kacang, saus kecap pedas, dan lain-lain.

Efek buruk cireng bagi kesehatan = 0

Banyak orang melarang anak-anaknya untuk makan cireng di sekolahah. Hingga akhirnya anak-anak mulai takut untuk memakan cireng. Memang dalam beberapa kasus ada cireng yang benar-benar bisa sangat tidak baik bagi kesehatan. Yaitu cireng yang di jual dengan mencampurkan borak atau bahan pengawet lainnya pada adonan cireng.

Selain itu, ada beberapa saus cireng yang tidak bisa di pertanggung jawabkan kualitas kesehatannya. Semua tergantung pada si pembuat atau si penjual Cireng tersebut. Selama Cireng yang di buat dengan bahan baku alami. Proses pembuatan cireng di lakukan dengan alat-alat yang bersih. Serta memperhatikan kebersihan tangan, Cireng makanan khas dari Bandung ini tidak memiliki efek buruk bagi kesehatan.


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

2 komentar

  1. semua bisa jadi peluang usaha. haaha. hebat mas kris ini.

  2. Tidak ada yang tidak mungkin. :)
    Tetap berkarya … 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar