Home » motivasi » Cara Melupakan Seseorang Tanpa Sakit Hati

cara melupakan seseorang

Cara Melupakan Seseorang Tanpa Sakit Hati

Cara melupakan seseorang tidak semudah yang orang katakan. Terlebih melupakan orang yang telah melukai hati kita. Orang yang telah menjatuhkan kita, orang yagn telah menghancurkan hidup kita. Ini jauh lebih sulit dibandingkan melupakan pacar.

Melupakan musuh pesaing tetangga atau siapapun dia yang pernah membuat kita merasa terhina. Mungkin tidak akan pernah bisa dilupakan. Mungkin kita ingat yang pernah saya sampaikan dulu, Ada 3 Hal yang paling susah untuk dilakukan di dalam hidup, yaitu : Menjaga Rahasia, Memanfaatkan Waktu Luang, dan Melupakan Sakit Hati.

Dan melupakan kepahitan yang pernah dilakukan oleh orang lain jelas sangatlah berat. Namun kami mencoba untuk memberikan beberapa tips untuk dapat melupakan seseorang yang pernah singgah di hati kita. Entah itu kenangan baik atau buruk.

Cara Melupakan Seseorang

  1. Buang semua barang yang bisa mengingatkan tentang dia.
    Cara melupakan seseorang yang pertama adalah membuang barang-barang yang dapat mengingatkan tentang dia. Termasuk surat, hadiah yang pernah diberikan, foto, dan lain sebagainya. Buang jauh-jauh jika perlu dibakar jika memang ingin serius sekuat tenaga melupakan do’i.

    Tapi sayangnya, biasanya disaat kita mencari cara melupakan seseorang, kita tidak mampu melakukan. Karena kita takut jika suatu saat nanti kita ingat orang tersebut. Kita masih punya sesuatu sebagai pengobat rindu. Oh manisnya … Sebenarnya perasaan Jika Jika Jika inilah yang membuat kita sulit move on. Kita takut jika jadian lagi, kita takut jika tiba-tiba kangen do’i.

    Bahkan ada lho seseorang yang mencari cara melupakan seseorang tapi dia justru bangga kalo punya mantan banyak. Jadi barang-barangnya bakal disimpen selamanya. Bahkan kadang buat bahan pamer ke temen-temen. Ini dari si Anu, ini dari si Itu, Ini dari si bla bla bla. Jadi, jika memang positif pengen lupain si do’i, buang jauh-jauh semua yang bisa mengingatkan si do’i.

  2. Jangan suka menyendiri.
    Khusus untuk cara melupakan seseorang yang satu ini banyak orang yang gampang ngomongnya tapi sulit prakteknya. Hampir semua orang bisa ngomong kaya’ gini. Tapi nggak semua orang tau kalo dia ternyata lagi sendiri.

    Kadang orang yang pengen melupakan seseorang bilang, “Gw udah berusaha buat ngumpul ama temen-temen, gw berusaha buat nggak sendiri, tapi gw masih tetep aja inget dia”.

    Ya iya lah … masih inget dia. Orang ngumpul ama temen tapi bukannya ikut nimbrung ama temen yang lain tapi malah asik maen HP sambil duduk di pojokan menyendiri.

    Jika bener-bener cari cara melupakan seseorang. Harus berani keluar cari temen, keluar bareng, ketawa bareng, belanja bareng, lambat laun pasti lupa sama si Do’i.

  3. Isi dengan kesibukan yang positif.
    Nah kalo yang ini rata-rata susah pake banget. Hampir semua orang Galau pasti ngisi waktunya buat di depan Laptop, megang HP, sambil Facebook’an. Justru ini yang semakin membuat parah. Kita nulis segala sesuatu yang ada dihati tanpa tau titik koma. Puanjaaannng dan updatenya tiap detik. Hehe … Inget, waktu itu mungkin kita lega waktu kita bisa nulis apa yang membuat kita sedih ataupun galau. Tapi, inget … saat ada temen yang like, atau comment, kita bakal baca lagi tuh status kita. Kita yang udah lupa bisa jadi inget lagi kejadian yang sebenernya pengen dilupain.

    Hayooo … ngaku … Iya nggak?. Maka dari itu, kalo positif dan serius pengen lupain seseorang, jangan pajang kisah yang ada sangkut pautnya sama seseorang itu di sosial media apapun. Facebook, twitter, Google Plus, Instagram … bla bla bla. Mending manfaatin dengan olah raga, tamasya, jalan-jalan. Pokoknya kegiatan yang positif yang nggak ngelanggar agama. “Gimana kalo nggak punya duit atau nggak dapet ijin ortu buat keluar?”.

    Kadang memang keadaan nggak memungkinkan kita buat move on. Pengen ini itu biar bisa lupain si do’i tapi nggak ada duit. Pengen jalan-jalan sama temen nggak boleh sama ortu.

    Kalo seperti ini keadaannya, Ya usahain temen-temen yang dateng ke rumah. Bilang aja kalo nggak boleh ama bokap. Jujur aja kalo lagi nggak ada duit. Temen yang baik pasti bisa mengerti. Sholatlah, karena sholat adalah kegiatan yang paling positif. Dengan sholat kita bisa mendapat cara melupakan seseorang tanpa harus putus silaturahmi.

  4. Jangan putar musik-musik melow.
    Musik Melow atau Musik Sedih akan membuat suasana hati kita menjadi tambah berantakan. Dan cara melupakan seseorang yang kita jalankan akan berantakan. Kalo memang pengen dengerin musik, denger musik yang keras, musik yang ceria.

    Tapi jangan musik yang nadanya nggak jelas. Misal musik yang liriknya nggak sopan. Ini akan merusak karakter kita. Sebab, disaat depresi itulah pengaruh karakter akan mudah terbentuk.

    Jika disaat depresi kita gabung ama anak-anak yang nggak bener, karakter kita akan tersisipi karakter mereka. Beda jika disaat galau kita deket ama ustad, karakter ustad akan melekat pada kita tanpa kita sadari.

  5. Segera cari penggantinya.
    Naaaahhh … ini dia resep yang paling manjur cara melupakan seseorang. Kalau masalah melupakan seseorang, asal kita sudah bisa mencari penggantinya, ini artinya kita tidak perlu lagi nomor 1 – 4. Hehe…

    Tapi nggak juga lho, kadang kita udah jalan ama orang lain, tapi hati dan pikiran kita masih tetep sama orang yang belum bisa di lupakan. Kita lagi jalan sama pacar baru, yang kita rasakan kita seakan-akan lagi di gandeng pacar yang dulu.

    Dan lebih parahnya, kita minta ke pacar baru kita buat lakuin hal-hal yang biasa kalian lakukan saat masih bersama yang dulu. Waaaahhh… ini sudah di luar kode etik. Guys, yang ini jangan dilakuin yaaa … kasian bokin yang baru. Cuma buat pelarian doang. hehe.

Cara melupakan seseorang yang membenci kita

Mungkin sebagian dari kalian belum memahami siapa yang saya maksud orang yang membenci kita. Misal, kita adalah orang miskin, kita sering di gosipin sama ibu-ibu sekampung tentang ini itu yang nggak bener. Kita bakal sakit hati khan?. Nah kadang kita nyampe nggak bisa tidur karena kebayang perlakuan mereka sama ente.

Atau kita pernah di fitnah sama seseorang dengan tujuan biar martabat kita jatuh. Biasanya mereka melakukan hal-hal seperti itu karena iri. Dan kami akan memberikan beberapa cara melupakan sakit hati dari orang-orang yang membenci kita.

  1. Jangan pernah melawan.
    Mengapa cara melupakan seseorang ini saya tempatkan di awal?. Karena, orang yang berani meremehkan kita, ini artinya mereka menganggap kita lemah. Semakin kita melawan, semakin mereka berani. Seandainya kita ikut menyerang balik untuk menjatuhkan mereka, ini artinya kita sama saja dengan mereka.

    Dan biasanya, disaat kita mendapatkan fitnah atau gosip yang nggak bener, ini artinya kita sedang berhadapan dengan musuh dalam selimut. Mereka yang sok baik di depan tapi menusuk dari belakan. Jika kita melawan, bisa-bisa kita sendiri yang semakin terperosok. Diam dan nikmatilah.

    Dengarkan dengarkan dan dengarkan. Buat semua hinaan cemoohan sebagai do’a yang akan mengantarkan kita kepada kebahagiaan yang hakiki. Yaitu Jannah.

  2. Pererat tali silaturahmi.
    Ini untuk yang sudah super jiwanya. Yang masih kaya’ saya biasanya nggak akan sanggup melakukan yang ini. Umpamanya kita adalah orang paling miskin di dalam keluarga besar. Biasanya orang yang paling miskin bakal di tinggal. Nggak diakui, nggak pernah di denger usul dan sarannya.

    Bahkan, disaat orang yang paling miskin ini seneng sedikit aja, bakal di bilang ini itu. Yaaa.. memang seperti inilah manusia jika tidak mampu memahami agama. Dan kita pihak yang di hina, jangan terus marah. Cukup simpan air mata kita buat Allah semata. Jangan pernah meneteskan air mata di depan mereka. Buktikan bahwa kita kuat. Menangislah saat kita bersimpuh dalam sujud dan do’a kepada Allah Ta’ala. Tetap dekati mereka, jika memang mendekati mereka semakin membuat kita sakit hati. Usahakan untuk membeli sesuatu dan berikan kepada semua saudara. Setelah itu, menghindarlah dari segala kepahitan. Dengan demikian, anda tidak lagi sakit hati, dan mereka tidak menganggap yang macam-macam tentang anda.

  3. Fokus pada pekerjaan.
    Banyak cara melupakan seseorang yang membenci kita. Tapi terkadang mereka terfokus pada rasa bencinya. Fokus mereka terletak pada rasa sakit hatinya. Padahal jika benar-benar ingin melupakan, kita harus fokus pada hal yang lebih positif.

    Apapun keadaan kalian, jangan sampai kita membuang waktu buat memikirkan orang-orang yang telah menjatuhkan kita. Nggak ada gunanya. Karena itulah, fokuslah kepada pekerjaan. Di saat kalian melakukan pekerjaan, maka kalian akan lupa dengan sakit hati. Apalagi kalau kerjaan yang kalian kerjakan menghasilkan lebih. Pasti lupa sama tangisan yang kemaren.


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

4 komentar

  1. Misa

    mas makasih ya

  2. Misa

    mau komen aja susah banget.

  3. Misa

    test ……………. komennya mana nih ga keluar

  4. Dah keluar khaaann.. commentnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar