Home » serba serbi » Cara Meditasi Yang Baik

meditasi, Cara Meditasi Yang Baik

Cara Meditasi Yang Baik

Cara Meditasi terkadang menjadi permasalahan tersendiri bagi beberapa orang. Meditasi sendiri mempunyai banyak sekali manfaat. Dan bagi mereka yang tau manfaat meditasi, mereka ingin sekali melakukannya setiap saat. Namun terkadang hal ini sangat sulit dilakukan. Hal tersebut biasanya dipicu oleh ketidak tahuan kita tentang teknik-teknik meditasi.

Meskipun sederhana, teknik meditasi akan sangat dilakukan bagi mereka yang terlalu banyak pikiran. Meditasi membutuhkan konsentrasi. Dan meditasi yang baik akan sangat bermanfaat sekali bagi kesehatan jasmani dan rohani. Terlebih bagi mereka yang ingin mempelajari sebuah ilmu tenaga dalam atau hipnotis, meditasi menjadi salah satu syarat yang harus terpenuhi. Namun untuk artikel ini, kami tidak akan membahas tentang tenaga dalam atau hipnotis. kami akan menjabarkan teknik meditasi bagi ketenangan jiwa dan kesehatan tubuh.

Cara Meditasi Yang Baik

Persiapan sebelum memulai meditasi

1. Pilih tempat yang nyaman.

Jika kita ingin melakukan meditasi, baik itu dirumah, di kantor, ataupun diluar rumah, pertama yang harus kita persiapkan adalah tempat untuk melakukan meditasi tersebut. Tempat sangat menentukan keberhasilan meditasi yang kita lakukan. Untuk itu, ada beberapa syarat yang paling tidak harus terpenuhi untuk mencari tempat meditasi. Tempat meditasi yang baik adalah :

  • Bersih.
  • Mempunyai udara yang segar.
  • Suasana tenang dan damai.

Usahakan mencari tempat yang bersih untuk melakukan meditasi. Tempat yang bersih akan membuat hati dan pikiran kita menjadi bersih pula. Dan carilah tempat yang memiliki udara yang segar. Jika di dalam sebuah ruangan, carilah ruangan yang memiliki sistem ventilasi yang baik, sehingga sirkulasi udara di dalam ruangan berjalan dengan baik. Setelah itu, pilih tempat yang tenang dan damai. Sebuah tempat yang gaduh akan sangat mempersulit diri kita untuk melakukan meditasi. Untuk itulah tempat yang tenang dan damai sangat diprioritaskan agar meditasi yang kita lakukan akan berjalan dengan baik.

Gambar Ilustrasi

Gambar Ilustrasi

meditasi, Cara Meditasi Yang Baik

2. Gunakanlah Pakaian Yang Nyaman.

Sebelum melakukan meditasi, usahakan anda mengenakan pakaian yang nyaman untuk dipakai. Sebab pakaian yang ketat dan terlalu sulit untuk bergerak juga akan mempengaruhi konsentrasi kita dalam melakukan meditasi. Sehingga, pakaian yang tidak nyaman akan mengurangi kualitas meditasi kita. Bahkan bisa-bisa, meditasi kita akan gagal total.

3. Tentukan berapa lama meditasi yang akan anda lakukan.

Waktu menjadi salah satu syarat dalam meditasi. Bagi pemula, yaitu mereka yang baru saja memulai untuk mempelajari teknik meditasi, akan membutuhkan waktu yang lama untuk bisa benar-benar berkonsentrasi pada meditasi tersebut. Menyatukan antara pikiran, jiwa, dan tubuh. Karena itulah waktu untuk meditasi harus kita perhitungkan dan harus kita capai dengan sempurna. Misal, jika kita ingin meditasi selama 10 menit untuk latihan, maka jangan berhenti sebelum 10 menit itu berjalan.

Pelaksanaan Cara Meditasi Yang Baik

1. Posisi Meditasi.

Ada 2 posisi meditasi yang paling sering orang lakukan, yaitu dengan cara duduk bersila atau dengan cara berbaring di lantai. Setiap posisi mempunyai kelebihannya masing-masing. Dan kita akan membahasnya satu persatu.

  • Meditasi dengan posisi duduk bersila.
    Pertama-tama yang perlu kita lakukan adalah mencari posisi duduk yang nyaman, lalu bersila. Untuk mempermudah proses konsentrasi, kita bisa sambil menutup mata. Kita hirup nafas melalui hidung. Kita rasakan aliran udara yang masuk. Lalu secara perlahan kita keluarkan melalui mulut.
     
    Untuk posisi tangan, usahakan telapak tangan kita menumpang pada kedua lutut. Santai tidak menekan namun kita dapat merasakan aliran panas yang keluar dari telapak tangan ke lutut kita. Selain itu, kita juga bisa melakukan dengan meletakkan telapak tangan di atas lutut dalam keadaan terbuka keatas, lalu kita satukan ujung telunjuk atau jari tengah dengan ujung ibu jari. Sehingga kita dapat merasakan energi positif dari ujung jari kita.
     
    Anda dapat menambahkan suara seperti Hoooommmmm…. agar fokus pendengaran anda tidak terganggu oleh suara-suara dari luar. Jika anda orang Islam, kita bisa mengucap lafadz Allah saat menarik nafas, lalu mengucap lafadz Huuuu … saat mengeluarkan nafas. Sehingga saat menarik nafas dan mengeluarkannya akan terucap lafadz Allahuu Allahuu di dalam hati … Fokuskan pikiran dan rasakan aliran nafas yang menyatu dengan detak jantung. Dan rasakan ketenangan yang kita peroleh sambil memuji kebesaran Allah.

    Saat kita sudah terbiasa, nafas tidak harus di keluarkan melalui mulut. Jika konsentrasi sudah dilakuan dengan baik, kita bisa bernafas seperti biasa. Untuk melatih konsentrasi, kita bisa mengucap lafadz hu Allah seperti diatas. Namun, saat konsentrasi sudah penuh, kita bisa menggantinya dengan istighfar atau perenungan hidup yang lain.

  • Meditasi dengan posisi terbaring.
    Berbaringlah dengan posisi yang nyaman. Usahakan tidak memakai bantal yang terlalu tinggi. Bahkan jika tidak terlalu sakit, lebih baik tidak menggunakan bantal sama sekali. Tangan lurus kebawah mendekati lutut. Telapak tangan biarkan terbuka. Hilangkan semua beban pada badan. Rasakan aliran darah yang mengalir dari telapak kaki yang naik ke seluruh tubuh.
     
    Sambil memejamkan mata, tarik nafas melalui hidung keluar lewat mulut. Sambil mengucap lafadz Hu Allah seperti pada posisi bersila diatas.
     
    Fokuskan hati dan pikiran pada aliran darah yang menyatu dengan detak jantung sambil membayangkan seraya memuji kebesaran Allah. Rasakan dan raih ketenangan serta kedamaian yang membuat tubuh kita terasa semakin ringan.

Manfaat Meditasi

Seseorang melalakukan meditasi pasti mempunyai niatan masing-masing. Dan niat ini akan membuat tata cara pelaksanaan meditasi menjadi berbeda-beda. Dan kita akan membahasnya satu persatu manfaat dan tujuan meditasi yang kebanyakan orang lakukan.
  • Meditasi sebagai terapi kejiwaan.
     
    Meditasi dapat bermanfaat sebagai obat terapi kejiwaan. Stress yang disebabkan oleh tekanan pekerjaan serta himpitan hidup, dapat kita netralisir dengan melalukan meditasi. Caranya adalah, saat melakukan meditasi entah dengan cara duduk bersila atau dengan cara berbaring, kita sambil merenungkan kehidupan yang kita jalani. Himpitan hidup kita seimbangkan dengan besarnya karunia serta nikmat yang Allah berikan. Tekanan dalam pekerjaan kita seimbangkan dengan kemampuan maksimal pada diri. Setelah melakukan meditasi, dan hati menemukan titik keikhlasan dalam menjalani hidup, maka hati kita akan tenang, pikiran kita akan menjadi positif. Secara otomatis, kejiwaan kita tidak akan terombang-ambing oleh kehidupan.
     
  • Meditasi sebagai pengobatan penyakit.
     
    Bagi sebagian orang percaya bahwa dengan meditasi penyakit dapat disembuhkan tanpa harus ke Dokter. Meditasi memang dapat dijadikan pengobatan saat terserang penyakit. Meditasi dapat menyembuhkan penyakit dari dalam. Untuk hasil yang maksimal, kita akan memerlukan guru pembimbing dalam melakukannya. Jika anda tidak punya waktu untuk berguru teknik pengobatan, lakukan cara-cara dibawah ini.
     
    a. Pertama tama ambil posisi meditasi seperti duduk bersila atau terbaring.
    b. Lakukan teknik-teknik meditasi seperti yang sudah disebutkan diatas.
    c. Konsentrasi dan netralisir semua aliran darah.
    d. Fokuskan pikiran tertuju pada sakit yang dirasakan. Sebagai contoh, saat kita mengalami sakit kepala, rasakan denyutan rasa sakit yang terjadi pada kepala kita. Rasakan rasa sakit itu perlahan melambat.
    e. Setelah kita mampu menemukan bagian yang terasa sakit, lalu kita renungkan kesalahan-kesalahan yang terjadi dalam hidup kita.
    f. Puji kebesaran sang pencipta. Mohon ampun atas segala dosa.

    Dengan cara kita memohon ampun, sembari berdoa memohon kesembuhan. Kita mengakui bahwa diri kita banyak kesalahan, dan tidak ada yang dapat menyembuhkan segala penyakit selain Allah, maka InsyaAllah penyakit pada diri kita dapat hilang.

Untuk menjadikan meditasi sebagai pengobatan, terkadang kita memang harus melakukannya berulang-ulang kali sampai sembuh. Tapi perlu di ingat, metode pengobatan dengan melalukan meditasi hanyalah pengobatan tambahan yang dapat kita lakukan. Kita harus tetap berusaha dengan berobat kepada dokter atau tabib. Kecuali jika kita sudah terbiasa dan mampu melakukan pengobatan dengan cara meditasi, barulah kita boleh meninggalkan ikhtiar seperti berobat ke dokter. Namun, tetap kembali pada tujuan akhir, yaitu berobat. Jika dengan meditasi penyakit tidak kunjung sembuh bahkan semakin parah, kita tetap harus berobat ke dokter sebagai bentuk ikhtiar kita kepada Allah.

Meditasi sering orang lakukan untuk mencari solusi-solusi dalam hidup. Himpitan hutang, kecemasan saat menghadapi orang lain, dapat dibantu dengan meditasi. Hati yang semula cemas, bisa menjadi kuat, tegar, dan berani setelah melakukan meditasi. Hidup yang tidak terarah, akan lebih terarah setelah melakukan meditasi. Oleh karena itulah dalam Islam senantiasa menganjurkan untuk melakukan duduk I’tikaf baik itu di masjid ataupun dirumah. Karena i’tikaf itu sendiri merupakan teknik meditasi yang kebanyakan orang tidak mengetahui manfaat besar di dalamnya.


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar