Home » bisnis » Bisnis sampingan untuk PNS

Bisnis sampingan untuk PNS

Bisnis sampingan untuk PNS

Bisnis sampingan untuk PNS Pegawai Negeri Sipil. Banyak para pegawai negeri menginginkan uang tambahan dari luar untuk mencukupi kebutuhan keseharian mereka. Ketidak seimbangan antara pendapatan dengan pengeluaran menjadi alasan utama mengapa seorang Pegawai Negeri harus mempunyai bisnis sampingan.

Dibawah ini kami cantumkan beberapa jenis Bisnis sampingan untuk PNS yang dapat anda coba.

Beternak

Untuk anda Pegawai Negeri yang memiliki waktu luang, dengan minimnya pendapatan perbulan, anda dapat mencoba beternak dirumah. Seperti ternak Sapi, Ternak Lele, atau ternak yang lainnya. Dimana anda tidak memerlukan waktu banyak untuk mencari pakan ternak. Seperti ternak sapi, anda dapat membeli pakan disaat musim panen. Dengan membeli jerami dari para petani. Dan jika anda beternak lele, anda bisa membelinya di toko-toko yang menyediakan pakanan ternak.

Membuka Toko sederhana atau Minimarket

Untuk anda yang mempunyai modal lebih, anda bisa saja membuka sebuah toserba yang bisa anda jadikan sebagai pemasukan tambahan. Namun, bagi anda yang tidak memiliki modal lebih, kita bisa membuka sebuah toko sederhana yang menjual kebutuhan sehari-hari masyarakat. Dari keuntungan penjualan, dapat kita jadikan sebagai uang tambahan.

Bercocok tanam

Jika anda seorang PNS yang mempunyai lahan kosong, ada baiknya anda mengisi lahan tersebut dengan menanam berbagai buah-buahan atau tanaman yang mudah dijual lainnya. Untuk anda yang memiliki lahan sempit, anda dapat menerapkan sistem vertikultur atau sistem bercocok tanam lainnya yang tidak memerlukan bidang tanah yang luas.

Kita bisa mendapatkan uang tambahan dari setiap penjualan hasil bercocok tanam untuk memenuhi kebutuhan kita. Bercocok tanam buah-buahan dan sayur-sayuran sangat kami sarankan mengingat produk ini sangat mudah dijual dan sangat kecil peluang ruginya.

Bisnis Hiburan (Musik)

Kami gambarkan anda adalah seorang pegawai yang tidak banyak memiliki banyak waktu luang. Dengan modal yang anda punya, anda dapat membentuk sebuah grub musik yang sering dibutuhkan untuk mengisi sebuah acara seperti resepsi. Bagi anda yang tinggal di wilayah pedesaan, anda bisa mendirikan sebuah grub campursari, dan bagi anda yang tinggal di wilayah perkotaan, anda bisa saja membentuk sebuah orkes melayu atau dangdut. Anda hanya perlu membeli alat, lalu merekrut para pemain musik.

Anda tidak perlu terjun secara langsung. Memanfaatkan banyaknya relasi yang anda punya, anda bisa menawarkan jasa campursari atau dangdut yang anda pimpin untuk mengisi acara jika ada rekan kerja atau rekan bisnis yang mempunyai hajat atau pesta yang lainnya. Kita hanya cukup mengelola dari luarnya saja. Untuk pelaksanaan, kita serahkan sepenuhnya kepada para pemusik yang telah kita rekrut sebelumnya.

Membuka Bimbel (Bimbingan Belajar)

Bimbel atau bimbingan belajar yang dalam istilah lain disebut les private menjadi salah satu alternatif bisnis sampingan. Meninjau anda seorang pegawai yang selayaknya memiliki tingkat pendidikan lebih, anda dapat saja membuka sebuah usaha bimbel yang anda kelola sendiri. Jika kita tidak mempunyai waktu luang untuk mengelola, kita bisa merekrut tenaga pengajar dari luar.

Kita hanya perlu mempersiapkan tempat untuk proses belajar mengajar. Dengan mengandalkan jumlah relasi yang banyak, tentu tempat bimbingan belajar yang kita dirikan akan lebih mudah dikenal orang dan pada akhirnya, akan memberikan aliran pundi-pundi rupiah ke kantong kita sebagai uang tambahan.


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar