Home » bisnis » Bisnis Sampingan Menguntungkan

bisnis sampingan

Bisnis Sampingan Menguntungkan

Pengertian ‘bisnis sampingan’ adalah segala bentuk usaha diluar kegiatan usaha pokok anda. Misal anda seorang guru, tapi di rumah masih ternak ayam. Usaha pokoknya adalah Guru, dan bisnis sampingannya adalah ternak ayam. Jadi, segala sesuatu yang kita lakukan untuk menambah penghasilan kita itu disebut bisnis sampingan. Sebelum kami melanjutkan ke teknik memilih bisnis sampingan yang menguntungkan, ada baiknya kita memahami sedikit ilmunya.

Bisnis Sampingan dalam Menunjang Perekonomian

Ilmu dasar tentang bisnis sampingan adalah, jangan sampai bisnis sampingan yang kita kerjakan terlalu menyita waktu kita sehingga mengalahkan bisnis utama yang kita lakukan. Apapun jenis bisnis sampingan yang kita lakukan, harus memberi manfaat tanpa harus membebani yang berlebihan.

Inilah konsep dasar yang harus kita ambil. Jika anda sedang mencari bisnis sampingan yang pas dengan profesi anda, kami telah membuat beberapa artikel tentang Jenis-jenis bisnis sampingan yang sangat mudah untuk dilakukan. Tinggal anda memilih sendiri mana yang cocok buat anda. Jenis-jenis bisnis sampingan ini sudah termuat dihalaman google. 

Tips Memilih Bisnis Sampingan

  1. Jangan melakukan bisnis sampingan yang terlalu menyita waktu.
  2. Jangan memilih bisnis sampingan yang terlalu membebani. Seperti membutuhkan modal terlalu besar.
  3. Jangan menjadikan bisnis sampingan sebagai prioritas utama. Usaha pokok harus tetap diutamakan, bisnis sampingan meskipun terkadang hasilnya lebih besar, jangan sampai mengalahkan bisnis utama yang kita jalankan.
  4. Pilih bisnis sampingan yang bisa kita andalkan setiap saat. Misal kita karyawan dengan gaji bulanan dan mempunyai bisnis sampingan ternak kambing. Waktu di pertengahan bulan kita butuh dana, jika mengharapkan gajian, kita masih perlu waktu sampai hari gajian itu tiba. Maka disaat kita butuh tersebut, kita bisa menjual kambing yang sudah layak jual. Sehingga bisnis sampingan kita bisa kita andalkan. Mungkin istilahnya, bisnis sampingan yang kita lalukan ini seperti halnya dana talangan.
  5. Pilih bisnis sampingan yang efektif dan produktif.
  6. Jangan terlalu mengharap hasil. Ingat, bisnis yang kita jalani hanyalah bisnis sampingan. Jangan terlalu memprioritaskan hasil dari bisnis sampingan ini. Berapapun hasil dari bisnis sampingan, anggap saja ini rejeki tambahan dari Tuhan. Sehingga saat nanti bisnis sampingan tidak menghasilkan, anda tidak terlalu depresi.
  7. Jika tidak memiliki lahan atau tempat, pilihlah bisnis sampingan yang melibatkan banyak orang. Jika didalam dunia bisnis disebut dengan relasi. Kalian bisa menjadi makelar. Yaitu menyampaikan info dari mulut ke mulut jika ada orang yang ingin menjual barangnya. Jika kita mempunyai banyak relasi, maka kemungkinan kita berhasil menjual sangatlah besar. Dan kita akan mendapatkan pemasukan keuangan dari penjual dan pembeli.
  8. Pilih bisnis sampingan yang bisa melibatkan keluarga didalamnya. Seperti halnya membuka toko di depan rumah. Kita bisa meminta bantuan Istri untuk ikut menjaga toko yang telah kita buat.
  9. Jangan memperbudak anak sendiri. Banyak yang melakukan bisnis sampingan, namun dalam prakteknya, karena tidak memiliki waktu luang, akhirnya kita membebankan ke anak-anak kita. Apalagi jika anak-anak kita masih sekolah. Perlu kita ingat, fokus utama anak kita adalah belajar, membantu meringankan beban orang tua ya sewajarnya saja. Jika terlalu berlebihan, sangat tidak baik bagi psikologis anak itu sendiri.
  10. Pilih usaha sampingan berdasarkan hobi bukan berdasar pada kebutuhan. Misal, jika kita seorang PNS, dengan hobi memancing, kita bisa membuat bisnis sampingan dengan beternak lele. Karena hobi kita berkaitan dengan ikan. Sehingga saat kita melakukan keseharian dalam menggeluti bisnis sampingan ini, kita tidak akan merasa jenuh, bosan, apalagi terbebani.

Anda bisa menambahkan sendiri yang lainnya. Dan kita bisa berdiskusi tentang bisnis sampingan di kolom komentar atau di forum Wirausaha kami. Semoga bisa menjadi masukan saat anda ingin memilih bisnis sampingan.


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar