Home » bisnis » 20 Bisnis Rumahan Menjanjikan

bisnis rumahan

20 Bisnis Rumahan Menjanjikan

Bisnis Rumahan – Bagi kalian yang ingin mempunyai usaha sendiri atau sekedar usaha sampingan, kami menyajikan beberapa contoh peluang usaha rumahan. Mulai dari yang bermodal kecil sampai yang tanpa modal.

Wirausaha merupakan pilihan. Kalian bisa saja berwirausaha dari rumah. Atau hanya sekedar mencari bisnis sampingan. Berikut ini kami sampaikan 20 jenis bisnis sampingan yang dapat kalian manfaatkan.

1. Bisnis Kuliner

bisnis kuliner, bisnis rumahan

Mempunyai bisnis di bidang kuliner mungkin menjadi salah satu impian kalian. Namun, untuk memulai bisnis kuliner kita harus memiliki konsep yang menarik.

Kita harus menentukan target pasar atau pangsa pasar. Seperti bisnis kuliner makanan anak-anak, atau ranah umum.

Bisnis kuliner yang bisa kalian terapkan misalnya :

  1. Membuat kue kering atau cake.
  2. Membuat snack (Makanan Ringan).
  3. Minuman Kemasan Aneka Rasa.

2. Bisnis Rumahan Menjadi Penulis Artikel

penulis, bisnis rumahan

Bagi kalian yang mempunyai hobi menulis bisa kalian ambil peluang bisnis rumahan sebagai penulis.

Beberapa tipe penulis :

  1. Penulis Buku atau Novel.
  2. Penulis Cerpen.
  3. Penulis Berita.
  4. Penulis Blog.

Menjadi penulis apapun kalian bisa mengerjakannya dari rumah. Dan tentunya usaha rumahan ini termasuk dalam kategori tanpa modal. Hasilnyapun sangat menjanjikan.

3. Ternak Kenari

burung kenari, kenari, bisnis rumahan, bisnis rumahan ternak burung kenari, ternak kenari

Bagi kalian yang menggemari aneka unggas, kalian bisa memanfaatkan bisnis rumahan dengan beternak kenari.

Burung yang satu ini cukup kecil namun memiliki daya pikat yang tinggi. Banyak orang yang menyukai burung yang satu ini. Ternak kenari terbukti sangat menjanjikan.

Harga burung kenari termasuk tinggi. Karena itulah peluang dari bisnis rumahan ternak kenari cukup menjanjikan.

Bukan hanya kenari, bisa saja kalian beternak burung yang lain. Seperti burung cendet, kacer, atau bisa juga burung murai.

4. Bisnis Laundry

laundry, bisnis laundry, bisnis rumahan, bisnis rumahan laundry

Mempunyai usaha dirumah pasti sangat menyenangkan. Dan salah satu peluang bisnis rumahan itu adalah usaha laundry.

Dengan bermodal satu mesin cuci dan peralatan untuk merapikan pakaian kita sudah bisa memulai usaha yang satu ini. Tapi bagi kalian yang belum mempunyai mesin cuci juga bisa memulainya dengan mencuci manual.

Bisnis laundry cukup menjanjikan pula. Sebab sekarang ini banyak orang yang malas mencuci sendiri. Mereka lebih memilih jasa laundry. Tinggal datang lalu ambil pakaian sudah rapi dan wangi.

5. Berbisnis Kue Kering

kue kering, bisnis rumahan, bisnis rumahan kue kering

Membuat kue kering mungkin sudah menjadi hobi beberapa ibu rumah tangga. Tapi bukan berarti ini tidak mendatangkan uang.

Kemahiran seorang wanita dalam mengolah makanan dapat disalurkan dalam jenis bisnis rumahan kue kering.

Kalian tinggal membuat aneka macam kue kering lalu memasarkannya.

6. Membuat Kerajinan Tangan

kerajinan tangan, bisnis rumahan, bisnis kerajinan tangan

Salah satu Bisnis rumahan yang dapat di kembangkan dari rumah adalah dengan membuat kerajinan tangan.

Setiap kalian yang mempunyai jiwa seni bisa saja memanfaatkan peluang bisnis ini. Bagi kalian yang tidak memiliki jiwa seni bukan berarti tidak memiliki peluang. Siapa saja dapat memanfaatkan peluang.

Dengan membuat kerajinan angan lalu memasarkannya ke lingkungan sekitar adalah langkah awal dalam memulai usaha. Saat nanti usaha kita sudah dikenal, maka pelanggan akan datang dengan sendirinya.

7. Salon dan Rias Manten

salon, salon rumahan, bisnis rumahan

Untuk ibu-ibu rumah tangga atau wanita lajang, tentunya sangat akrab dengan kosmetik. Anda bisa memanfaatkan peluang bisnis salon atau rias manten. Bisnis rumahan ini tentunya tidak membutuhkan banyak modal.

Untuk kalian yang belum begitu mahir dalam hal merias, kalian bisa mengikuti pelatihan atau kursus rias pengantin. Peluang ini sangat menjanjikan. Terlebih jika kita tinggal di daerah pedesaan dimana belum banyak saingan.

8. Bisnis Rumahan Menjahit

penjahit, menjahit, bisnis rumahan

Pakaian adalah kebutuhan setiap manusia. Guna kalian yang ingin membuka sebuah usaha, anda dapat memanfaatkan peluang bisnis rumahan menjadi penjahit. Biasanya, untuk sekala kecil pesanan yang datang adalah seragam sekolah. Dan saat usaha mulai dikenal, maka berbagai pesanan akan datang.

Namun jika kalian tidak ingin mengandalkan pesanan yang kadang ada dan kadang tidak, maka ikut bergabung menjadi partner usaha garment adalah pilihan yang bijak. Kita mendatangi sebuah perusahaan garment lalu kita minta job kepada pemiliknya. Dan pekerjaan bisa kita selesaikan dirumah. Pada tanggal yang sudah ditentukan kita menyetorkan pekerjaan yang sudah terselesaikan.

9. Bisnis Sewa Kamar Kos

kamar kos, kosan, bisnis rumahan

Hidup di lingkungan perkotaan memang mempunyai nilai lebih. Banyaknya jumlah pendatang membuat sebagian mereka harus mengontrak atau indekos. Kita dapat memanfaatkan peluang tersebut dengan membuka sebuah kamar sewa. Yang mana kita akan mendapatkan uang perbulan atau pertahun dari uang sewa tersebut.

Khususnya bagi kalian yang tinggal di daerah kampus, kita bisa tentu saja peluang ini sangat baik jika tidak kita lewatkan.

10. Bisnis Rumahan dengan Berjualan Pulsa Elektrik

isi pulsa, pulsa, isi pulsa elektronik, bisnis rumahan, bisnis rumahan isi pulsa

Ingin mempunyai penghasilan tambahan?. Tenang saja, jika kalian tidak ingin menyita banyak waktu, maka berjualan pulsa bisa kalian manfaatkan. Caranya adalah dengan kita mendaftar ke agen pulsa. Setelah itu, kita menitipkan saldo pulsa kepada mereka. Kita akan mendapat kode transaksi. Dengan demikian, kita bisa menjual pulsa kepada saudara, teman, tetangga atau siapa saja yang membutuhkan.

Hasil dari setiap transaksi memang terhitung kecil. Tapi jika pelanggan kita sudah banyak, maka hasilnya akan cukup lumayan.


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

One comment

  1. Terima kasih atas infonya. Cukup lengkap sekali :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar