Home » bisnis » bisnis properti » Bisnis Properti Gerbang Menuju Sukses

bisnis properti
bisnis properti

Bisnis Properti Gerbang Menuju Sukses

Pengertian Bisnis Properti adalah sebuah usaha yang bergerak didalam bidang properti. Sedangkan properti sendiri bisa berbentuk lahan, bangunan, atau yang lainnya. Tapi, bagi sebagian besar orang di Indonesia, Bisnis Properti biasanya diartikan sebagai bisnis jual beli rumah. Memang seperti itulah bisnis properti, jual beli rumah, ruko, tanah, gedung, dan dalam bentuk aset lainnya.

Belajar Bisnis Properti

Bisnis Indonesia mengalami peningkatan, kesadaran tentang properti semakin meningkat. Sayangnya, ilmu bisnis belum bisa menyentuh orang-orang yang bermukim di pedesaan. Seandainya saja para penduduk desa bisa mendapatkan pemahaman tentang bisnis, tentu akan membuat tingkat dan taraf hidup di pedesaan bisa membaik. Perekonomian akan meningkat, dan kesejahteraan akan terwujudkan.

Bisnis Jual Beli Rumah Tanpa Modal menjadi salah satu strategi bisnis properti yang harus kita pelajari. Apakah anda baru mengenal bisnis properti?. Tentu saja anda akan berfikir, bagaimana kita bisa bisnis perumahan tanpa modal?. Kita akan mempelajarinya lebih detail agar anda bisa sukses setelah mempelajari sistem ini.

Bisnis Properti Tanpa Modal

Bisnis properti tanpa modal bukan sekedar basa basi belaka. Untuk bisa menjalankan strategi tentang Cara berbisnis properti tanpa modal, anda harus memperhatikan 3 hal, yaitu :

  1. Harga Pasaran.

    Sebelum kita membeli sebuah rumah atau bangunan, yang harus kita ketahui adalah harga pasaran. Kita harus bisa membandingkan antara harga tanah permeter kubik dengan biaya bangunan permeter. Hal ini perlu kita ketahui agar kita bisa menentukan harga beli dan nilai jual bangunan tersebut.

  2. Status Kepemilikan Aset.

    Setelah kita bisa menghitung harga beli rumah atau bangunan yang akan kita beli, kita harus memperhatikan status kepemilikan aset tersebut. Misal, aset tersebut masih atas nama orang tua, sedang orang tua sudah meninggal. Status kepemilikan ini disebut dengan “Turun Waris”. Dimana sertifikat masih nama orang tua, dan untuk melakukan proses jual beli harus dilakukan yang namanya balik nama. Sehingga nama orang tua pada sertifikat harus diganti dengan nama anak atau ahli waris yang berhak.

    Aset yang masih dalam status Turun Waris tidak mudah dalam melakukan proses jual beli. Dan proses balik namapun harus melibatkan seluruh jumlah ahli waris dari pemilik sebenarnya. Jika mempunyai anak 4, maka ke empat anak dari pemilik pada sertifikat itu harus duduk bersama dan membuat kesaksian tentang pembagian harta.

    Karena inilah, kita tidak boleh terpancing dengan harga yang murah. Properti dengan harga murah namun masih dalam status Turun Waris, bisa menimbulkan masalah di kemudian hari jika kita terlalu memaksakan diri dalam membelinya. Maka carilah aset yang mana penjual aset adalah pemilik sah pada sertifikat yang dijual. Agar tidak terjadi gugatan dari pihak lain.

  3. Proses pembelian Aset.

    Setelah kita menghitung harga pasaran, ditambah kepemilikan yang jelas, baru kita bisa melanjutkan ke proses pembelian aset. Dikarenakan kita melakukan pembelian tanpa modal, maka kita perlu bantuan pihak ketiga. Salah satunya adalah Bank. Cara melakukan pembelian adalah dengan cara, memfoto copy sertifikat yang asli, lalu kita sodorkan ke pihak Bank.

    Biasanya Bank hanya bisa memberikan modal kepada kita tidak lebih dari 75% dari harga aset yang ingin kita beli. Karena inilah, kita harus melakukan negosiasi dengan pemilik aset, bagaimana kita bisa menawar tanpa melebihi 75% harga Bank tersebut. Misal, harga properti 100 juta, kita sodorkan ke Bank, dan Bank bisa membantu 75 juta, PR kita adalah, bagaimana kita menawar harga kepada pemilik properti agar kita bisa membelinya tidak melebihi angka 75 Juta.

    Misal saja kita bisa melakukan kesepakatan dengan pemilik aset dengan harga beli 60 Juta, maka kita akan mendapatkan modal pinjaman 75 juta dari Bank, dan kita gunakan untuk membayar aset 60 juta, maka sisa 15 Juta. 15 Juta ini kita gunakan untuk keperluan lain-lain seperti mengurus hak kepemilikan di notaris.

Jika langkah seperti diatas bisa kita lakukan, maka dalam hal ini, kita telah melakukan proses pembelian properti tanpa modal. Dimana yang mengeluarkan uang untuk pembayaran bukanlah kita, melainkan pihak Bank. Seandainya kita bisa melakukan proses negosiasi, kita bisa mendapatkan pinjaman lebih besar dari Bank. Sehingga pinjaman kita bisa dimaksimalkan ke angka 90% bahkan 100%. Namun kita perlu strategi negosiasi yang panjang dalam mempengaruhi kepercayaan pihak Bank, dan pernah kita bahas pada artikel sebelumnya.

Bisnis properti bisa menjadi bisnis sampingan yang menguntungkan. Dimana kita punya usaha pokok, misal usaha mebel, restoran, distro, atau yang lainnya. Dan menjadikan bisnis properti sebagai kerja sampingan.

Cara bisnis properti sangatlah mudah. Seperti cara bisnis properti rumah yang telah kita bahas diatas, kita bisa melakukan pembelian properti tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun. Bahkan kita bisa mendapatkan Cash Back dari Perbankan yang bisa kita jadikan modal tambahan dalam mengembangkan usaha.

Tahap ini merupakan cara memulai bisnis properti yang baik. Mengerti seluk beluk sederhana bisnis properti, bagaimana melakukan investasi properti tanpa modal, sehingga kita bisa membeli rumah tanpa modal. Bisnis properti adalah peluang usaha yang sangat menjanjikan.

Untuk itu, sebelum memulai bisnis properti, ada baiknya kita belajar lebih lanjut tentang strategi sukses bisnis properti yang lainnya. Meskipun diatas sudah saya kutip 3 rahasia bisnis properti dalam membeli aset tanpa modal, untuk sukses, banyak lagi strategi dan kiat khusus yang harus kita pelajari. Dan semoga pengetahuan ini menjadi modal awal kita dalam menjalankan Bisnis Properti.


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar