Home » bisnis » Bisnis Plan Kunci Sukses Dalam Berbisnis

bisnis plan

Bisnis Plan Kunci Sukses Dalam Berbisnis

Pengertian Bisnis Plan adalah rincian dari sebuah rencana bisnis untuk mencapai tujuan bisnis tersebut. Segala jenis usaha yang akan kita buat, akan sangat baik jika kita membuatnya. Namun sayangnya, tidak semua pengusaha di Indonesia mengerti tentang bisnis plan. Sebut saja para pelaku Usaha Kecil Menengah, sangat terbatas pemahaman tentang hal ini. Padahal bisnis plan mempunyai fungsi yang teramat penting dalam pertumbuhan bisnis yang tengah kita laksanakan.

Pentingnya Bisnis Plan dalam mencapai kesuksesan

Seseorang yang akan membuat usaha butik misalnya, mereka akan membuat bisnis plan butik. Demikian pula dengan orang yang ingin membuat usaha di bidang cafe, mereka akan membuat bisnis plan cafe. Mengapa kita harus bersusah payah dengan bisnis plan yang akan kita buat?.

Apa yang bisa kita ambil manfaat dari bisnis plan?. Apakah sepenting itu, maka kita harus membuatnya?. Temukan jawaban mengapa bisnis plan menjadi salah satu kunci keberhasilan seseorang di dalam bisnis.

Sebut saja bisnis plan makanan, seseorang yang ingin berbisnis makanan, mereka akan membuat daftar rencana tentang modal, tempat, tenaga kerja, jenis makanan dan lain sebagainya. Bagi orang awam, sebut saja di sisi perkampungan yang tidak mengerti bisnis plan, mereka hanya tau, ada modal, ada tempat, bisa masak, usaha pasti jalan.

Setelah dapat untung, bisa memperbesar usaha. Tapi bagi yang mengerti ilmu bisnis, Bisnis plan adalah cikal bakal dari usaha yang akan kita rintis. Dimana kita menuliskan semua ide dan perencanaan kita ke dalam sebuah tulisan. Dengan tulisan tersebut, kita akan selalu terfokus pada perencanaan yang kita buat.

Jika kita hanya mengandalkan ingatan, ada kalanya ingatan kita hilang alias lupa. Tapi dengan bisnis plan yang telah kita buat, kita akan tau kemana arah usaha kita berikutnya. Ini adalah pembelajaran saat kami belajar How to Write Business Plan.

Apakah bisnis plan hanya dibuat saat ingin menjalankan usaha?

Setiap bisnis mempunyai tujuan jangka panjang dan tujuan jangka pendek. Bisnis plan tidak hanya dibuat saat kita ingin memulai bisnis, bahkan saat bisnis kita sedang berjalan, kita masih tetap harus membuat perencanaan untuk mencapai tujuan jangka pendek yang akan menunjang keberhasilan tujuan jangka panjang kita.

Bisnis plan tidak harus rumit, tebal, dan panjang lebar. Kita bisa membuat bisis plan sederhana untuk menentukan bisnis kita. Banyak contoh sederhana yang bisa kita buat. Dari beberapa lembar profil usaha, perencanaan, tujuan, dan strategi bisnis yang kita jalankan, kita telah bisa membuat contoh plan bisnis.

Memang ada kalanya kita harus membuat bisnis plan secara detail, panjang, dan sistematis. Terlebih bagi perusahaan profesional, pembukuan adalah acuan utama kesuksesan dalam usaha. Dan karena inilah kita harus membuat berbagai contoh proposal, mengaudit, melakukan revisi, hingga akhirnya kita fix dalam melakukan perencanaan bisnis.

Mencari modal tambahan menggunakan bisnis plan.

Bisnis plan juga berfungsi sebagai penguat pencarian modal. Sebuah perbankan akan mudah mempelajari jenis usaha kita, tujuan usaha, serta prospek usaha yang kita jalani. Sehingga, saat kita mengajukan pinjaman modal ke Bank, pihak perbankan akan semakin percaya kepada usaha yang kita jalani setelah membaca perencanaan bisnis yang telah kita sodorkan ke pihak bank tersebut.

Inilah mengapa Bisnis Plan yang baik bisa mendatangkan modal yang baik pula. Saat anda mengajukan pinjaman tanpa bisnis plan, misal anda mendapatkan maksimal jumlah pinjaman 50 juta, tapi jika anda menggunakan rencana bisnis yang baik, anda bisa berpeluang mengajukan pinjaman lebih dari 50 juta. Karena inilah, bisnis plan sangat membantu perkembangan bisnis yang kita jalani.

Tips Pembuatan Bisnis Plan

Format yang kita buat tidak harus berbelit-belit. Yang utama adalah membuat struktur usaha yang jelas. Kita bisa membuat makalah dengan selembar atau dua lembar kertas. Tapi kita juga bisa membuatnya menjadi satu buku penuh. Karena bisnis plan tidak hanya tergantung bagaimana kita membuatnya, melainkan juga seberapa besar usaha yang akan kita buat.

Usaha yang sederhana tentu tidak membutuhkan bisnis plan yang beratus-ratus lembar. Tapi usaha yang besar, tentunya membutuhkan perhitungan yang lebih dari usaha sederhana. Dalam membuat bisnis plan sendiri kita harus bisa berimajinasi, dan harus dapat menjelaskan imajinasi kita kepada orang lain seperti disaat kita melakukan presentasi bisnis plan. Untuk itu, seperti apapun usaha yang akan kita jalankan, sangat kami sarankan untuk menyertakan Bisnis Plan.


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar