Home » bisnis » bisnis online » Bisnis Online Tidak Harus Mahal

bisnis-online

Bisnis Online Tidak Harus Mahal

Siapa bilang dalam bisnis online harus bermodal besar, harus mempunyai laptop yang hebat, komputer yang cepat. Ingat, Bisnis Online Tidak Harus Mahal. Mengapa artikel ini kami buat? Karena kebanyakan orang berfikir dua kali tentang memulai sebuah bisnis, khususnya bisnis online karena tidak mempunyai alat pendukung seperti komputer atau laptop. Mungkin anda tidak akan percaya dengan apa yang saya alami ini.

Pada awalnya saya sangat pesimis untuk memulai bisnis online. Karena saya anak orang miskin yang tidak mempunyai Laptop keren, komputer keren, apalagi hp keren. Keadaan saya waktu itu hanya seorang anak yang baru saja lulus dari bangku SMK (STM). Saya diterima bekerja pada sebuah pabrik dengan penghasilan yang sangat minim.

Namun Alhamdulillah cukup untuk kebutuhan sehari-hari meskipun kadang harus ngutang kesana kemari. Lambat laun saya mulai bimbang dengan penghasilan saya dari buruh pabrik. Akhirnya saya mencari informasi tentang berbisnis sampingan lewat internet. Lewat bantuan seorang teman, akhirnya saya mendapatkan sedikit pengalaman tentang bisnis blogging. Tapi terkendala dengan alat. Karena saya waktu itu tidak punya komputer atau laptop.

Jangan menunda-nunda. Mengingat salah satu pesan dalam sebuah buku yang pernah saya baca di waktu sekolah, tapi sayangnya saya lupa judul buku itu apa. Jangan menunda-nunda ini masih sangat luas. Bisa jadi kita tidak boleh menunda-nunda pekerjaan, menunda-nunda kesempatan atau yang lainnya.

Tapi pada intinya, kita harus berfikir cepat dan melakukannya sekarang atau tidak sama sekali. Dalam berbisnis atau berwirausahapun kita harus secepat mungkin melakukan tindakan. Semakin cepat kita bertindak, maka semakin cepat kita melihat hasilnya.

Akhirnya untuk mensiasati kebutuhan alat yang saya perlukan, saya mendatangi teman-teman yang saya kenal di perantauan. Kebetulan saya punya banyak teman yang kuliah. Dan sebagian dari mereka mempunyai komputer atau laptop. Saya tanya satu-persatu apakah mempunyai komponen komputer yang tidak terpakai.

Ada salah satu teman saya yang bernama Wahyu (Nama Asli). Dia mempunyai sebuah Mainboard atau Motherboard yang tidak terpakai. Lalu seorang teman bernama Firman (Nama Asli) mempunyai hardisk yang tidak terpakai. Dia memberikan kepada saya sebuah hardisk 40 Giga, tapi karena seorang teman tidak begitu membutuhkan space yang tinggi, akhirnya teman saya RIAN (Nama Asli) menawarkan Hardisk 80 Giganya dan menukar dengan Hardisk 40 Giga.

Dengan seijin Firman akhirnya saya mempunyai hardisk 80 Giga. Lalu saya datangi teman saya yang bernama Zombie. Dia mempunyai sebuah keyboard dan mouse yang sudah usang namun masih berfungsi sangat baik. Setelah terkumpul beberapa komponen, saya jadikan satu beberapa komponen komputer tersebut. Tapi masih kurang monitor dan RAM. Akhirnya Firman menawarkan 1 Ram 512MB DDR 1 dan Rian juga menawarkan sebuah monitor CRT 14″ beserta Ram 512 MB.

Dan akhirnya komponen-komponen yang diperlukan lainnya pun terkumpul juga. Alangkah bersyukurnya saya mempunyai teman sebaik mereka. Mereka memberikannya secara cuma-cuma tanpa harus membeli atau meminjam.

Pengen tahu seperti apa penampakan komputer tersebut setelah dirakit? Tanpa cashing tentunya. Ini dia penampakannya.

belajar komputer, komputer jadul, bisnis online tidak harus mahal

Inilah yang disebut dengan pelaku bisnis modal kecil. Lalu apakah komputer itu sudah siap tempur? Sebetulnya belum. Karena belum adanya alat untuk koneksi internet. Namun paling tidak sudah bisa digunakan untuk tulis menulis. Lalu tak lama kemudian, ada seorang teman bernama Agus minta untuk diantarkan untuk membeli sebuah HP Android.

Tapi karena saya tidak punya uang, maka saya hanya sebatas mengantarkan saja. Teman saya mengatakan bahwa sebenarnya Android sangat boros baterai, tapi saya katakan kepada dia ada Aplikasi Pendingin Baterai untuk Android. Sehingga baterai tidak cepat panas, tidak cepat rusak, dan tahan lama.

Akhirnya teman saya membeli juga sebuah HP Android. Dan sebagai tips-nya, teman saya membelikan saya sebuah hp yang bisa untuk koneksi internet. Jadi HP ini saya gunakan sebagai modem. Semua berjalan dengan sendirinya tanpa saya banyak bicara. Yang saya lakukan waktu itu hanya berusaha, bertindak dan memulai sedini mungkin.

Dan akhirnya komputer sayapun siap tempur untuk bisnis online. Dan saya memilih media Blogging sebagai langkah awal saya memulai bisnis online yang Alhamdulillah masih berjalan sampai sekarang. Bisakah anda hitung berapa modal awal saya dalam bisnis online dikala itu?


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar