Home » bisnis » Bisnis Online Gratis

bisnis online

Bisnis Online Gratis

Bisnis online gratis menjadi salah satu primadona bagi kalangan pengguna internet. Jika beberapa tahun lalu, sebut saja pada tahun 2005 atau 2006, pengguna internet masih terlalu fokus pada pertemanan. Dan dikala itu friendster menjadi salah satu sosial media paling terkemuka di dunia sebelum tergeser oleh facebook.

Mungkin salah satu dari anda pernah menggunakan Friendster?. Ya, kala itu banyak sekali pengguna friendster yang menawarkan jasa untuk pembuatan layout atau tampilan profile. Saat itu kami akui, kami masih sangat awam tentang dunia bisnis.

Namun pengalaman dalam merubah tampilan layout friendster mambawa ceritanya tersendiri. Salah satu akun frienster bahkan berhasil mendapatkan uang ratusan ribu setiap hari hanya dari orang-orang yang ingin tampilan friendster mereka terlihat wah, lain dari yang lain.

Belajar Bisnis online

Dari pengalaman tersebut, secara tidak langsung ternyata kami telah belajar bisnis online gratis. Pengalaman merubah layout membuat kami semakin tertarik dalam otak-atik css. Semakin banyak menemui kesulitan semakin kami mendapatkan ilmu. Saat itu khususnya saya (Penulis), belum mengerti bagaimana seluk beluk mesin pencari/search engine. Kami hanya tau bahwa google adalah mesin pencari, bagaimana google mendapatkan uang, bagaimana cara membuat blog saja kami belum paham.

Dan dari kesulitan membuat tampilan layout inilah kami semakin sering mencari informasi melalui mesin pencari google. Dan saat itu kami heran, mengapa banyak orang menulis di internet dan hampir semua yang ingin saya cari pasti ada di internet. Rasa penasaran kami terjawab, dan secara garis besar, para penulis artikel di internet mempunyai 3 tujuan yaitu : berbagi ilmu, mencari uang, dan mencari popularitas.

Semakin terkenal website mereka, maka semakin besar peluang untuk mendapatkan uang, bahkan semakin besar pula peluang untuk populer atau terkenal. Semakin kami penasaran, semakin kami terlihat bodoh, semakin kami terlihat bodoh, semakin kami belajar lebih banyak lagi. Tapi bukannya tambah pinter, tapi malah semakin merasa tidak tau apa-apa. Untuk itu, kami akan berbagi lebih detail lagi pengalaman kami agar bisa bermanfaat bagi orang lain.

Konsep dasar Bisnis Online

Bisnis online adalah sebuah pekerjaan yang dikerjakan dari mana saja dengan menggunakan internet sebagai medianya. Asalkan anda bisa mengakses internet, anda juga bisa mempunyai peluang mencari uang di internet.

Banyak sekali bisnis online gratis tanpa modal alias gratis. Dulu waktu kami menyampaikan kepada adik-adik SMP dan SMA, kami mendapatkan pengalaman lucu. Waktu itu saat kami katakan bahwa kita bisa bisnis online secara gratis, mereka mengatakan, “Kok gratis?, internetnya khan musti bayar, komputernya musti beli”.

Sepintas kami tertawa saat mendengar kata-kata tersebut, lalu kami katakan, “Internetnya nebeng ke tetangga, komputernya pinjem ke saudara, Gratis khan?”. Semuanya tertawa. Tapi yang dimaksud dengan Bisnis Online Gratis bukan berarti semuanya harus gratis. Yang dimaksud dengan Bisnis Online Gratis adalah, kita tidak perlu membayar ke pihak manapun untuk bisa mendapatkan uang melalui internet.

Misal kita harus membayar uang untuk mendaftar ke situs A agar bisa ikut program bisnis online di situs A. Bukan seperti ini, jadi selama kita bisa mengakses internet, kita sudah bisa menghasilkan uang tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun.

Contoh Bisnis Online

Contoh bisnis online gratis terpercaya adalah Google dengan program Google Adsense-nya. Selain Google Adsense, kita juga bisa mengikuti program lain seperti adfoc.us, adf.ly, adversal, dan ada satu lagi bisnis online terbaru yaitu, youtube. Kita bisa menghasilkan uang dari youtube. Semuanya gratis dan 100% merupakan bisnis online tanpa modal.

Sedangkan bisnis online terbaik yang paling banyak orang tekuni baik dalam maupun luar negeri adalah program google adsense. Kita cukup membuat blog, bisa gratisan via blogger atau wordpress. Kita tulis apa saja yang ingin kita tulis. Semakin baik dan semakin banyak tulisan kita, semakin besar pula penghasilan kita. Dan di wirasejati.com telah banyak memberikan tutorial atau panduan tentang google adsense.

Maka tidak salah jika bisnis online terpercaya adalah Google Adsense. Lalu, apakah bisnis online harus menulis blog, ikut program adsense?. Tentu saja tidak, jika kita tidak punya bakat menulis, kalan bisa menjadi penjual online tanpa harus membuat toko online. Kalian tawarkan produk yang dijual oleh temen atau saudara, tawarkan melalui facebook, twitter, atau bisa juga pasang iklan di olx.co.id. Setiap produk yang terjual kalian bisa meminta uang jasa kepada si pemilik barang. Atau kalian naikkan sendiri harga jualnya.

Diatas adalah cara bisnis online yang paling populer. Dan semuanya adalah cara bisnis online gratis tanpa kita harus registrasi atau apalah itu. Sehingga, jika kita mempunyai uang yang terbatas, kita tetap bisa menghasilkan dan bahkan kita bisa sukses sekalipun bisnis ini adalah bisnis gratisan.

Peluang bisnis online ini bisa kita manfaatkan secara maksimal. Tanpa memandang anda SMP, SMA, Kuliah, Ibu Rumah Tangga, atau apalah, bahkan presidenpun juga boleh jika ingin ikut dalam bisnis online gratis ini. Apakah anda takut gagal?. Jangan khawatir, Bisnis online seperti blogging disertai berpartisipasi dalam program Google Adsense, kita bisa menjadi jutawan dadakan jika memang kita melakukannya dengan konsisten, kerja keras, cerdas, dan pantang menyerah. Dan mungkin anda akan mengerti rahasia Bisnis Online.


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar