Home » bisnis » Bisnis Modal Kecil Di Kehidupan Sehari-hari

Bisnis Modal Kecil

Bisnis Modal Kecil Di Kehidupan Sehari-hari

Secara bahasa pengertian Bisnis Modal Kecil adalah bisnis yang tidak membutuhkan banyak modal. Bagi sahabat Wirasejati, kali ini kami akan lebih menekankan tentang konsep dasar bisnin yang harus kita pahami. Terlebih jika ada keterkaitan dengan masalah permodalan, ini artinya kita sudah membuat perencanaan yang biasa disebut dengan istilah bisnis plan.

Bisnis Modal Kecil

Bisnis merupakan salah satu ilmu yang harus kita pelajari. Seseorang yang telah memahami tentang ilmu bisnis, setiap langkah dalam hidupnya selalu penuh dengan perhitungan. Tapi bukan berarti apa-apa diitung cuma cari untung nanti terkesan suka memanfaatkan orang lain. Bukan seperti ini maksud dalam kalimat penuh perhitungan. Maksudnya, dalam kehidupannya selalu penuh dengan solusi. Kita semua tau, dan pasti sering mengalami yang namanya permasalahan hidup.

Ilmu Bisnis memberikan salah satu solusi tentang permasalah hidup khususnya masalah ekonomi. Inilah mengapat kita perlu mengajarkan kepada diri kita sendiri, ke anak-anak kita nanti, saudara, bahkan ke orang lain, tentang pentingnya pengetahuan seputar bisnis. Terlebih seiring semakin majunya perkembangan Bisnis Indonesia.

Secara garis besar, Bisnis Modal Kecil adalah bisnis lapis kedua. Apa itu bisnis lapis kedua, yaitu bisnis yang kita kerjakan disaat kita sudah mempunyai pekerjaan. Namun sayangnya, pemahaman ini sering berbeda dengan kenyataan. Banyak dari sebagian kita yang menjadikan bisnis modal kecil sebagai bisnis utama. Memang tidak ada yang salah, bisa saja dari yang kecil ini suatu saat berkembang menjadi yang lebih besar.

Segala sesuatunya pasti perlu proses, sesuatu bisa menjadi besar pasti karena ada faktor-faktor kecil yang mendukung. Ada 3 konsep yang ingin kami bagikan dalam kesempatan ini tentang bisnis modal kecil. 3 konsep bisnis modal kecil itu adalah :

  1. Bisnis Online.
    Bisnis yang satu ini cukup terkenal di kalangan muda. Yaitu bisnis yang hanya bermodalkan komputer, handphone, dan akses internet. Inilah mengapa bisnis online menjadi salah satu poin utama dalam Bisnis Modal Kecil. Memasuki Era baru digital, perkembangan Internet di Indonesia akan semakin meningkat pertahunnya. Jika dulu orang tua kita tidak tau apa itu internet, mereka selalu mengajarkan tentang bisnis konvensional, jangan abaikan mereka, tapi bagi kita yang sudah tau teknologi, jangan salah, Internet bisa bermanfaat juga bisa mendatangkan mudhorot. Dan di Wirasejati dengan senang hati selalu berbagi tentang Bisnis Online, bukan hanya bisnis online, segala bisnis yang bisa menjadi penopang hidup akan kita share secara gratis di website ini. InsyaAllah bermanfaat.
  2. Bisnis Rumahan.
    Kategori yang kedua dalam Bisnis Modal Kecil ini adalah Bisnis Rumahan. Bisnis yang satu ini tidak memerlukan tempat khusus untuk menjalankannya. Berbeda dengan bisnis minimarket, meskipun bisa saja rumah kita, kita sulap menjadi sebuah minimarket, tapi pada prinsip dasar, minimarket selalu membutuhkan tempat khusus.
    Paling tidak harus dipinggir jalan yang ramai dilalui orang. Dan kita tau sendiri berapa modal yang harus kita keluarkan jika memang ingin mempunyai tempat di pinggir jalan apalagi jalan itu adalah akses utama, pasti kita harus mempunyai modal yang super wow. Bisnis Rumahan menawarkan satu pilihan agar kita tetap bisa berbisnis meskipun hanya dari rumah. Bisnis Kerupuk, Kue Brownies, Mini Konveksi atau biasa disebut dengan konveksi rumahan, bisnis desain, dll, bisa menjadi alternatif pilihan Bisnis Rumahan.
  3. Bisnis Sampingan.
    Sebelum kita melanjutkan tentang merubah mind set atau cara berfikir tentang berbisnis, kita akan membahas tentang bisnis sampingan yang paling sering orang cari sebagai pemasukan tambahan. Bisnis sampingan seperti ternak lele, ternak lembu, menjahit, bertanam vertikultur, merupakan bisnis dengan modal kecil yang sangat menguntungkan. Seperti ternak lele, modal yang hanya berkisar antara 1 – 2 juta sudah bisa berjalan, ternak kambing dengan bibit 500 – 1 juta juga sudah bisa menghasilkan, bahkan jika ingin modal yang lebih simple lagi, yaitu bisnis barang rosok atau barang bekas. Kita beli dari orang lain dengan harga murah, modal tidak mencapai jutaan, tapi disetiap harinya kita bisa menghasilkan antara 0 sampai ratusan ribu. Sesuaikan saja dengan kepribadian anda, mungkin ada orang yang tidak gengsi, sehingga menjadi juragan rosok tetap dijalani, tapi ada pula yang mungkin gengsi jika harus bergelut dengan barang-barang bekas.

Peluang Bisnis yang lain bisa kalian cari sendiri di website ini. Karena ada poin penting yang harus kita terapkan dalam bisnis modal kecil, yaitu mind set. Di awal saya sebutkan, bahwa bisnis modal kecil adalah bisnis lapis kedua, yaitu bisnis pendamping atau mungkin bisa jadi bisnis penunjang bisnis utama. Dan sayangnya, sebagian dari kita, menggeluti bisnis modal kecil sebagai bisnis utama.

Sahabat Wirasejati, untuk menjadi besar kita harus berfikir besar. Peluang Usaha yang lebih besar selalu menanti kita, jadikan usaha kecil yang kita jalani sebagai penunjang usaha yang lebih besar lagi. Jangan sampai kita terlena dalam bisnis yang kecil saja. Untuk itulah, kami selalu berharap semua sahabat wirasejati bisa berfikir yang besar dan mampu menekuni bisnis yang besar pula.

Hidup memang berat, saat kita merasa tidak mampu untuk melakukan sesuatu yang besar, saat itulah kita mengalami drop mental. Dan ini harus kita buang jauh-jauh dari diri kita. Allah saja maha kaya, masa’ kita nggak bisa kaya, khan nggak mungkin. Pasti selalu ada kemungkinan agar kita bisa menjadi kaya.

Semoga dengan usaha rumahan yang sedang kita jalani, atau usaha sampingan yang sedang kita tekuni, kita akan bisa meraih yang lebih besar dikemudian hari. Kita bisa terus mengembangkan bisnis agar terus merekah dan menjadi besar, bisa mewujudkan mimpi-mimpi kita yang mulia. Membahagiakan orang-orang yang kita sayangi, sekalipun ini kita mulai dari sebuah Bisnis Modal Kecil.


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar