Home » bisnis » Bisnis dan wirausaha demi kesuksesan

bisnis

Bisnis dan wirausaha demi kesuksesan

Pengertian “bisnis” adalah seluruh kegiatan yang dilakukan oleh individu, kelompok, organisasi, atau badan usaha dengan tujuan komersil. Dengan bahasa lain, seluruh kegiatan dengan tujuan mendapatkan hasil atau keuntungan disebut bisnis. Kata bisnis berawal dari kata “Business”, sehingga para pelaku bisnis biasa disebut dengan istilah businessman atau pembisnis.

Perbedaan Bisnis dan Wirausaha

Bisnis memiliki arti yang lebih luas. Bisnis bisa mencakup banyak aspek. Seorang karyawan yang tengah menekuni aktifitasnya, mereka sedang melakukan bisnis dengan owner perusahaan tersebut. Dimana mereka saling menguntungkan. Bos perusahaan mendapatkan keuntungan dari karyawannya, begitu pula sebaliknya. Karyawan mendapatkan keuntungan dengan upah yang mereka peroleh dari atasannya. Sedang “Wirausaha” adalah bagian dari bisnis, yaitu kegiatan bisnis yang dilakukan dengan tujuan agar bisa mandiri dari hasil atau keuntungan yang mereka dapatkan.

Secara dasar jika kita pernah mendengar istilah “Bisnis adalah uang” memang benar adanya. Konsep dasar bisnis adalah menghasilkan. Lalu apa yang dihasilkan?. Yaitu uang. Meskipun secara lebih luas bisnis bukan hanya uang semata. Seorang calon presiden yang membayar beberapa orang sebagai tim sukses, sebenarnya mereka sedang melakukan bisnis. Para kader atau tim sukses mendapatkan uang dari hasil kerja mereka, dan Calon presiden bisa mendapatkan Pangkat atau kedudukan dari hasil kerja para kader mereka. Tujuan utama Calon presiden bukanlah di uang, melainkan pangkat, jabatan, atau kedudukan bukan lagi uang.

Istilah dalam Bisnis

Banyak sekali istilah dalam bisnis, dan beberapa istilah yang wajib kita ketahui dalam bisnis adalah :

  1. Bidang Bisnis.
    Para pembisnis memiliki bidangnya masing-masing. Ada yang bergerak dalam bidang bisnis real estate, bisnis properti, bisnis garment, dan lain-lain. Dan bagi anda yang ingin bergelut dalam bisnis, anda juga harus menentukan bidang bisnis yang ingin anda jalani.
  2. Partner Bisnis / Rekan Bisnis.
    Apapun usaha anda pasti memerlukan partner atau rekan bisnis. Bagaimana seorang pengusaha kue brownies membutuhkan penjual tepung sebagai penyedia bahan bakunya. Dan seorang pembisnis dalam bidang real estate membutuhkan kontraktor sebagai rekan bisnis mereka. Dan lain sebagainya.
  3. Strategi Bisnis.
    Demi menunjang kesuksesan anda dalam berbisnis, anda harus mempelajari strategi-strategi bisnis. Termasuk didalamnya bagaimana cara merekrut tenaga kerja yang memiliki SDM tinggi. Bagaimana menjual produk yang efisien namun efektif. Semua yang anda lakukan dalam berbisnis harus ada strategi yang anda terapkan. Tanpa adanya strategi bisnis, maka bisnis yang anda jalankan akan berjalan tanpa arah. Dan anda tidak mempunyai tujuan yang pasti dari perjalanan bisnis anda.

Segala bentuk yang anda terapkan dalam bisnis akan berujung pada satu poin sebagai tujuan akhir. Proses yang anda terapkan dalam mencapai tujuan akhir inilah yang harus kita pelajari dalam bisnis. Jika kita sudah memahami apa yang harus kita lakukan, barulah kita akan mempunyai peluang mencapai tujuan akhir kita. Dan tujuan akhir dari semua kegiatan bisnis adalah Kesuksesan. Dan setiap orang memiliki peluang mencapai kesuksesan.

Untuk itu, jangan pernah takut untuk memulai, semakin cepat anda membuang rasa takut, semakin dekat anda dengan kesuksesan. Buat perencanaan, buat perhitungan yang matang, terapkan strategi yang tepat, kelola keuangan dengan baik, maka kita akan sukses di dunia bisnis.


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar