Home » wirausaha » Biaya Produksi Ternak Ayam Kampung

ternak ayam kampung betina, ayam kampung betina,biaya produksi ternak ayam kampung

Biaya Produksi Ternak Ayam Kampung

Biaya Produksi Ternak Ayam Kampung. Tak lepas dari kata usaha, semua usaha pasti membutuhkan modal. Baik itu modal untuk memulai usaha atau modal untuk biaya produksi hingga panen. Memang tidak semua modal harus berupa uang yang akan kita hamburkan diawal membentuk usaha.
 
Modal sendiri bisa termasuk modal pengetahuan dan pengalaman. Seseorang yang telah mempunyai modal kepercayaan dari orang lain misalnya, mereka dapat mendirikan ternak ayam kampung dengan meminjam bibit lalu mengembalikannya saat usai panen.
 

Biaya produksi ternak ayam kampung

 
Dua hal yang membedakan di dalam biaya produksi adalah cara beternak. Didalam beternak ayam kampung ada dua metode yang digunakan. Yaitu pola ternak ayam secara intensif dan pola ternak ayam secara tradisional.
 
 
Untuk modal awal semua tergantung pada pelaku bisnis. Biaya ternak ayam kampung bisa banyak juga bisa sedikit. Bisa memulainya dari 0 rupiah. Hingga ratusan juta rupiah. Satu hal yang membedakan dari ternak ayam lainnya adalah pada jenis pakan. Jika beternak ayam kampung, kita tidak harus membeli pakan dari pabrik atau toko pakanan ternak. Kita bisa memanfaatkan semua yang ada disekitar kita seperti sayur-sayuran, atau bahkan makanan bekas.
 

Gambar Ayam Kampung

Gambar Ayam Kampung

ternak ayam kampung, ayam kampung, biaya produksi ternak ayam kampung, cara ternak ayam kampung,
 
Jika kita pernah mendengar istilah Nasi Aking, yaitu nasi yang sudah basi atau tidak baik lagi lalu dijemur hingga kering. Kita bisa mendapatkan nasi aking dari penduduk sekitar. Secara gratis maupun menggantinya dengan sejumlah uang.
 
Selain membesarkan bibit, seorang peternak juga bisa mendapatkan hasil besar dari proses penetasan telur ayam kampung. Secara hitungan sederhana, jika harga telur ayam kampung adalah 1.000 rupiah, maka hasil penjualan bibit setelah menetas nanti bisa mencapai angka 3.000 rupiah. Melihat perbandingan awal ini, kita bisa asumsikan bahwa margin penetasan ayam kampung bisa mencapai lebih dari 100%.
 
Setelah dikalkulasikan, maka biaya produksi beternak ayam kampung berkisar diangka 45% dalam keadaan normal. Maka bisa dihitung jika harga jual satu ekor ayam kampung ke penjual dipasar adalah 25 ribu rupiah. Maka untuk 1 ekor ayam kampung untuk biaya produksi dari pembibitan hingga panen adalah 45% dari 25 ribu yaitu 11.250 rupiah.
 
Dari data diatas kita bisa membuat sebuah perbandingan :
 
1 Ekor ayam harga 25 ribu.
Biaya produksi 11.250 rupiah.
Biaya produksi untuk seribu ayam kampung adalah 11.250.000 rupiah.
Pembibitan 3.000 rupiah per ekor maka untuk 1.000 ekor mencapai 3 Juta rupiah.
Tingkat kematian sebesar 5% dari seribu adalah 50. Maka dari 1000 ekor ayam kita bisa memanen paling tidak 950 ekor.
Uang yang didapat dari panen adalah 950 ekor x 25 ribu hasilnya adalah 23.750.000 rupiah.
Perhitungan laba hasil panen dikurangi biaya produksi dikurangi harga bibit. Maka akan diperoleh angka 23.750.000 – 11.250.000 – 3.000.000 = Rp. 9.500.000 rupiah.
 
Nilai 9.5 juta merupakan perhitungan mentah dari beternak ayam kampung. Karena selama perawatan terkadang biaya produksi meningkat apalagi disaat musim penyakit. Maka dengan perhitungan keuntungan 75% dari keuntungan secara utuh dengan meletakkan 25% sebagai biaya tak terduga, maka boleh dibilang dalam sekali panen seorang peternak ayam kampung dapat memperoleh keuntungan mencapai Rp. 7.125.000,00 rupiah untuk seribu ekor ayam. Tentu saja nilai ini belum di hitung jika anda menyewa lahan untuk beternak.
 
Dengan nilai 4 – 7 juta dalam sekali panen boleh di pastikan bahwa beternak ayam kampung sangatlah menguntungkan dan bisa menjadi andalan tersendiri bagi kemajuan perekonomian suatu wilayah. Menggiurkan bukan?.
 

☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar