Home » SEO » google adwords » Biaya iklan di Google Adwords

Biaya Iklan Di Google Adwords

Biaya iklan di Google Adwords

Tahukah kita Berapa biaya iklan di google adwords?. Bagi kita yang ingin memasang iklan di google adwords, kita harus bisa menghitung biaya yang kita keluarkan untuk memasang iklan di google adwords. Disajikan secara detail untuk kalian para wirausahawan sejati.

Menghitung biaya iklan di Google Adwords

1. Buat rencana dan tentukan biaya iklan.

Google Adwords adalah bagian dari google adsense. Biaya iklan di google adwords sangat variatif. Jika google adwords adalah tempat orang untuk memasang iklan, maka google adsense adalah tempat orang untuk menampilkan iklan.

Sebelum anda menentukan biaya iklan, perlu anda ketahui sebelumnya yaitu apa itu cost per click (CPC) dan apa itu cost perthousand impressions (CPM). Cost per Click adalah biaya yang anda perlukan setiap sekali klik iklan. Sedangkan cpm adalah biaya yang anda keluarkan per seribu kali iklan anda di tampilkan.

Jika anda memilih metode cpc, maka biaya yang anda perlukan adalah minimum $0.01 – $100 per klik. Dan jika anda menggunakan metode CPM, biaya yang anda perlukan minimum $0.25 per seribu kali tampil. Setelah anda mengetahui kisaran berikut, maka anda dapat menentukan berapa biaya yang akan anda perlukan dalam menetapkan iklan anda di google adwords.

Mengapa kali ini saya menggunakan kisaran dollar? Sebab, yang menjadi acuan utama google adalah dollar, jika anda menggunakan rupiah, maka anda hanya perlu mengkonversinya menjadi rupiah untuk menghitung biaya iklan anda.

2. Tentukan total biaya yang anda perlukan

Setelah anda mampu menghitung biaya per klik atau biaya perseribu tampil, maka anda dapat menghitung berapa kisaran total biaya yang anda perlukan setiap hari (Dayli budget) dan total perbulannya (monthly budget). Dari akumulasi ini kita bisa mengetahui berapa biaya iklan di google adwords.

Misal, anda mempunyai anggaran biaya untuk pemasangan iklan $1,500, maka biaya perhari yang anda perlukan adalah 1500 dibagi 30 maka kisaran biaya untuk iklan anda perhari adalah $50.

Dengan mengetahui kisaran biaya perhari, maka setelah anda menentukan harga keywords, google akan memunculkan berapa kisaran iklan anda akan diklik. Sehingga dengan demikian, anda akan lebih mudah menghitung seberapa efektifkah iklan anda di google adwords dengan keyword yang anda pilih tadi.


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

8 komentar

  1. Makasih postingannya sangat membantu saya yang masih buta tentang ini. salam kenal aja.

    • Salam kenal kembali, semoga artikel Biaya Iklan Google Adwords ini dapat membantu kita semua. Terima Kasih.

  2. bagus artikelnya gan.
    thanks ya hehe

  3. per hari $50 lumayan juga ya buat pemula seperti saya ini. makasih banyak tuk infonya

  4. Gan kalau saya pke adwords trus d blog saya udh ada google adsens. Kira2 pengaruh gk sama google adsens. Tkutnya saya dpt trafic dri adwords malah d blok sma google adsens. Mhon pencerahanya gan.

  5. makasih postingannya sangat membantu :-)

  6. Untuk setelen biaya Cpm nya dimana ya gan??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar