Home » kesehatan » Benarkah Tidur Di Lantai Menyebabkan Paru-Paru Basah?

tidur dilantai, paru-paru basah,

Benarkah Tidur Di Lantai Menyebabkan Paru-Paru Basah?

Benarkah tidur di lantai menyebabkan paru-paru basah?. Pernyataan bahwa terlalu sering tidur dilantai menyebabkan paru-paru basah sering kali kita dengar. Bagaimana menurut penjelasan medis?. Apakah hal tersebut benar adanya?. Mari kita bahas lebih dalam lagi.

Sebenarnya, dalam dunia medis tidak ada istilah penyakit paru-paru basah. Sedangkan penyakit yang menyerupai paru-paru basah di dalam dunia medis adalah Efusi Pleura. Evusi Pleura adalah penumpukan cairan di dalam rongga dada antara dinding dada dalam dengan dinding paru. Sehingga penyakit ini sering di kaitkan dengan yang namanya paru-paru basah.

Benarkah Tidur Di Lantai Menyebabkan Paru-Paru Basah?

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan Efusi Pleura, diantaranya adalah :

  1. Infeksi paru seperti Tuber Culosis (TB).
  2. Tumor Paru-Paru.
  3. Tumor Payudara.

Gambar Ilustrasi

Gambar Ilustrasi

tidur dilantai, paru-paru basah,

Secara medis, tidur di lantai akan menyebabkan paru-paru basah adalah mitos belaka. Tidak ada penelitian medis yang mendukung teori tersebut. Tidak ada hubungannya antara tidur dilantai dengan penyakit paru-paru basah.

Meskipun demikian, tidur di lantai bukanlah hal yang baik. Sebab, lantai adalah singgahan terakhir debu-debu yang beterbangan. Sehingga bisa saja kita menghirup debu yang ada di lantai tersebut. Sedangkan debu yang beterbangan dan mengendap di lantai atau karpet bisa saja di hinggapi kuman yang berbahaya.

Teori yang mendukung bahwa tidur dilantai bisa menyebabkan paru-paru basah adalah jika kita tidur dilantai, lalu menghirup banyak debu yang mengandung kuman, kita bisa terkena penyakit batuk-batuk. Sedangkan batuk yang akut bisa masuk ke dalam kategori Tuber Culosis akut.

Jika seseorang sudah terjangkit penyakit TB, bisa saja paru-paru menjadi luka dan pada akhirnya menjadi infeksi. Dan paru-paru yang sudah mengalami infeksi akan mengeluarkan cairan. Cairan yang menumpuk dan mengendap inilah yang akan menyebabkan terjadinya penyakit Evusi Pleura yang secara orang awam di sebut dengan istilah paru-paru basah.

Dengan demikian, maka kita tidak perlu lagi beranggapan bahwa tidur di lantai bisa menyebabkan paru-paru basah. Karena hal ini secara medis telah dianggap mitos belaka. Namun kita tetap harus menjaga kesehatan. Karena tidur di lantai bukanlah budaya hidup sehat. Dengan menjaga kesehatan, kita bisa mensyukuri nikmat sehat yang telah diberikan oleh Allah. Jika tubuh kita sehat, kita bisa melakukan kegiatan yang bermanfaat seperti bekerja, sholat, dan menuntut ilmu tanpa adalanya kendala dari dalam tubuh kita sendiri.


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar