Home » Blogging » Benarkah blogging akan mati?

benarkah blogging akan mati, blogging never die,

Benarkah blogging akan mati?

Mendapat pertanyaan dari teman benarkah blogging akan mati?. Meski banyak yang mengatakan bahwa blog akan segera punah, tapi itu hanyalah isapan jempol semata. Pada kenyataannya blogging masih tetap hidup dan semakin menjamur. Seperti contohnya di Indonesia, dengan adanya Program Google Adsense yang telah mendukung blog yang berbahasa Indonesia, kini semua orang seakan-akan terus berlomba untuk menjadi yang nomor satu di dunia blogging.

Benarkah blogging akan mati?

Sebenarnya, istilah ini adalah salah. Istilah bahwa blogging atau blog akan segera mati atau blog akan segera punah itu hanya bagi mereka yang merasa tidak mampu bersaing di dunia blogging. Lalu bagaimana agar orang senantiasa tertarik pada blog kita?

Ingat orang akan tertarik pada blog yang banyak memberikan manfaat. Lalu bagaiman jika pengunjung anda selalu berkurang? Apakah anda akan mengirimkan email kepada semua orang tentang blog anda? Hehe, hati-hati, bisa jadi nanti blog anda terdeteksi sebagai blog spam.

Ada dua jenis tipe platform yang paling banyak dipakai untuk ngeblog. Yang pertama adalah blogger. Dan yang kedua adalah wordpress. Bertahun-tahun masih tetap exist. Hingga timbul pernyataan Blogger atau Benarkah blogging akan mati?. Pertanyaan ini sebenarnya tertuju pada seseorang.

Seseorang yang hobbi blogging alias ngeblog. Lama kelamaan bosan dan akhirnya meninggalkan dunia blogging.

Lakukan tips ini agar blog anda selalu di halaman pertama google.

  1. Jangan khawatir blog anda akan punah hanya karena tidak ada yang berlangganan atau subscribe, karena orang cenderung mengikuti blog anda melalui media sosial seperti facebook, twitter, instagram atau google plus. Lakukan sharing pada jejaring sosial seperti ini untuk menjaring pengunjung.
  2. Jangan terlalu sering sharing informasi yang sama. Anda harus memperhatikan kira-kira berapa banyak orang yang tertarik pada artikel yang anda tulis. Jadikan referensi, usahakan share link dari artikel yang benar-benar berbobot. Sehari satu kali sharing itu lebih baik dari pada setiap jam share dengan topik yang kurang memadai.
  3. Masuk ke Forum-forum atau grub diskusi, menawarkan informasi yang mereka cari adalah tips yang super untuk menjaring pelanggan. Usahakan anda bisa menjawab setiap pertanyaan di forum atau di grub diskusi. Yang nantinya bisa anda arahkan ke blog anda.
  4. Mencobalah mengalihkan tujuan dari blog anda. Jangan sampai orang hanya menilai blog anda hanya sekedar bisnis semata. Karena citra blog anda akan buruk saat orang berfikir bahwa anda hanya mementingkan materi belaka. Usahakan blog anda bermanfaat. Jangan pernah meminta imbalan sekalipun itu sekedar kalimat “Kunjungi website saya”. Biarkan semua berjalan secara alami.

Lalu bagaimana menurut anda?. Benarkah blogging akan mati?.


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar