Home » kesehatan » Bahaya Tidur Menggunakan Kipas Angin

kipas angin, bahaya tidur menggunakan kipas angin,

Bahaya Tidur Menggunakan Kipas Angin

Bahaya tidur menggunakan kipas angin – Udara yang panas seperti Jakarta membuat kita lebih nyaman tidur menggunakan kipas angin. Hampir setiap rumah di Jakarta pasti mempunyainya. Khususnya dari kalangan menengah ke bawah kipas angin menjadi alat elektronik yang wajib di gunakan. Berbeda halnya dengan orang-orang yang mampu, mereka akan menggunakan AC sebagai pendingin ruangannya.

Bahaya Tidur Menggunakan Kipas Angin

Seburuk apakah tidur sambil menggunakan kipas angin?

Dalam istilah kedokteran, kita mengenal istilah Bespasi. Yaitu penyakit dari kelemahan syaraf wajah. Bespasi mempunyai ciri-ciri seperti mulut mencong, atau mata yang sulit tertutup.

Saat kita tidur menggunakan kipas angin, sebenarnya bukan anginnya yang berbahaya, melainkan virus yang masuk bersama angin melalui rongga telinga. Jika dalam keadaan sehat, daya tahan tubuh sedang optimal, maka virus itu tidak akan berpengaruh apa-apa bagi tubuh. Berbeda jika kondisi kita sedang lemah, maka kuman atau virus akan mudah menyerang tubuh kita. Salah satunya adalah timbulnya penyakit syarat bespasi.

Gambar Ilustrasi

Gambar Ilustrasi

kipas angin, bahaya tidur menggunakan kipas angin,

Ada beberapa faktor yang menyebabkan tidur menggunakan kipas angin menjadi hal yang berbahaya :

  1. Kebersihan kipas angin.
  2. Kondisi ubin atau tempat kita tidur.
  3. Faktor kekebalan atau daya tahan tubuh kita sendiri.

Disaat tubuh kita sedang sehat, terkena angin secara terus menerus tidak akan menimbulkan gangguan apa-apa. Namun ada kalanya tubuh kita melemah dan disaat itulah penyakit dapat menyerang kita. Mulai dari masuk angin hingga ke penyakit kronis yang lainnya.

Semua kembali lagi ke diri kita masing-masing. Tidak ada larangan untuk tidur sambil menggunakan kipas angin. Namun bagi diri kita yang peduli dengan masalah kesehatan, ada baiknya kita menghindari dari kebiasaan yang kurang sehat ini. Terlebih jika kita mempunyai anak kecil, bisa jadi tidur menggunakan kipas angin menjadi sebuah kebiasaan bagi mereka.

Saat tubuh sudah terbiasa merespon udara yang dingin, maka saat udara sedikit melembab tanpa kipas angin tubuh akan merespon tidak nyaman. Namun jika tubuh kita sudah terbiasa dan mampu beradaptasi dengan udara panas, maka tanpa kipas angin tubuh kita tidak akan merespon panas atau gerah dan lain sebagainya.


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar