Home » kesehatan » Bahaya Tidur Di Lantai

bahaya tidur dilantai

Bahaya Tidur Di Lantai

Bahaya Tidur Di Lantai – Mempunyai kebiasaan menonton TV atau mengerjakan tugas sambil tiduran dilantai bukan lagi menjadi hal yang asing. Bahkan mungkin bisa menjadi hal yang biasa kita lalukan dalam kehidupan sehari-hari. Menonton TV sambil tiduran dilantai sampai ketiduran hingga berjam-jam. Tidur dilantai karena udara yang panas. Sebenarnya bukanlah hal yang dilarang, namun ada beberapa efek buruk yang tidak kita ketahui di balik kebiasaan kita tidur di lantai tersebut. Dan kali ini kita akan membahasnya lebih dalam lagi.

Bahaya Tidur Di Lantai Bagi Kesehatan

Ada beberapa hal yang menyebabkan tidur di lantai menjadi sebuah kebiasaan yang kurang baik. Beberapa faktor penyebabnya adalah :

  1. Debu mengandung massa, dan debu akan lebih mudah mengendap di dasar lantai. Jika kita tidur dilantai, maka kemungkinan kita menghisap endapan debu akan lebih besar di bandingkan tidur di tempat yang lebih tinggi seperti ranjang atau sofa jika sambil menonton Televisi.
  2. Jika kita menggunakan Gas untuk keperluan dapur sehari-hari, sifat Gas seperti LPG akan mudah mengendap di dasar lantai. Jika kita sedang tidur atau sekedar tiduran dilantai, maka kita bisa saja terkontaminasi oleh endapan Gas LPG atau endapan sisa gas buang yang lainnya.

Dua hal diatas adalah hal yang paling sederhana dari efek buruk tidur dilantai. Dari segi kesehatan khususnya yang membahas tentang ilmu syaraf, tidur dilantai mempunyai alasan khusus yang menyebabkan terjadinya gangguan syaraf.

Tidur dilantai terlebih di karpet yang mana debu akan susah sekali di hilangkan menjadi kebiasaan yang harus kita hilangkan. Terlebih bagi anak-anak yang mempunyai kebiasaan menonton TV sambil tiduran, atau bermain hingga tertidur tentu akan sangat sulit untuk kita larang. Karena itulah, kita harus memperhatikan beberapa hal untuk mengurangi efek buruk tidur dilantai.

Gambar Ilustrasi

Gambar Ilustrasi

bahaya tidur dilantai

Beberapa hal yang wajib anda lakukan jika mempunyai kebiasaan tidur dilantai. Khususnya jika kita mempunyai anak kecil yang biasa tidur di ubin.

  1. Kita harus lebih rajin membersihkan lantai agar debu yang bercampur kuman bisa hilang.
  2. Gunakan pembersih lantai anti kuman agar ubin lebih steril.
  3. Gantilah karpet sesering mungkin untuk menghindari endapan debu yang bercampur dengan kuman.
  4. Lebih ketat lagi mengajari anak-anak untuk tidak tiduran dilantai.
  5. Kurangi kebiasaan ini sedikit-demi sedikit agar tidak menjadi kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan timbulnya penyakit kronis.

Beberapa ahli menyebutkan, tidur dilantai tanpa alas dengan kondisi ubin yang dingin dapat menyebabkan gangguan syaraf didalam tubuh. Seperti otot kaki yang mudah kejang, derita penyakit punggung, atau gangguan syaraf yang lainnya.

Mungkin anda pernah mendengar Bahwa tidur dilantai bisa menyebabkan paru-paru basah. Secara medis, tidur dilantai menyebabkan paru-paru basah hanyalah mitos belaka. Pada fakta yang ada, tidak ada hubungan sebab akibat dari tidur dilantai dengan penyakit paru-paru basah.

Karena itulah sangat tidak disarankan untuk tidur-tiduran di lantai. Namun sekali lagi, tidur dilantai bukan menjadi sebuah larangan. Semua kembali lagi ke diri kita masing-masing. Bagi kita yang mempedulikan kesehatan dan meminimalisir kemungkinan-kemungkinan yang dapat menimbulkan adanya gangguan penyakit, maka ada baiknya jika kita menghindari hal-hal yang kurang sehat.

Tidak ada yang menanggung akibat dari kebiasaan hidup tidak sehat selain diri kita sendiri. Untuk itu, hargai kesehatan yang kita punya, mari kita jaga agar tubuh kita senantiasa sehat terhindar dari gangguan penyakit.


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar