Home » asuransi » Asuransi Kesehatan Demi Kesejahteraan

Asuransi Kesehatan - Wirasejati.com
Asuransi Kesehatan - Wirasejati.com

Asuransi Kesehatan Demi Kesejahteraan

Asuransi Kesehatan menjadi wajib sekarang ini. Untuk mendapatkan kesejahteraan dalam kehidupan. Kita tidak mungkin akan selamanya sehat. Ada kalanya kita akan mengalami sakit. Poin utama dari asuransi kesehatan adalah jaminan. Disaat kita sakit, akan ada pihak yang menjamin. Dari segi biaya terutamanya. Apa itu asuransi kesehatan?.

Cara mencari asuransi kesehatan yang baik

Mendapatkan Asuransi Kesehatan dari perusahaan tempat bekerja. Pahami status diri anda. Khususnya bagi anda yang karyawan. Asuransi kesehatan dapat anda minta pada bos perusahaan. Banyak perusahaan yang bekerjasama dengan Jamsostek. Badan asuransi yang bergerak di bidang sosial dan ketenaga kerjaan.

Hal yang satu ini lebih efektif. Dari pada kita harus membeli asuransi secara individu. Lebih menguntungkan jika kita bekerja sama dengan perusahaan. Biaya seputar asuransi akan di potong secara otomatis dari gaji. Kita tidak perlu repot-repot mengurus berkas. Kita tinggal fokus kerja. Perusahaan akan mengurus asuransi kesehatan yang menjadi hak kita.

Tempat mengurus asuransi kesehatan

Tidak semua orang menjadi karyawan perusahaan. Meski kita bukan karyawan, kita tetap bisa membeli asuransi kesehatan. Dengan menghubungi dinas kesehatan atau mencari perusahaan-perusahaan asuransi.

Sekarang ini hampir semua perbankan bekerja sama dengan perusahaan asuransi. Kita bisa menanyakan produk dan pelayanan yang diberikan. Hal ini biasa disebut dengan Coverage. Ada hal positif jika mengikuti asuransi dari perbankan. Hal ini berlaku bagi anda yang menjadi nasabah sebuah bank. Banyak pelayanan yang akan meringankan kita. Salah satunya adalah uang yang akan di tarik secara otomatis dari tabungan. Kita tidak perlu susah payah membayar asuransi yang kita beli. Semua akan dimanage oleh pihak perbankan.

Membandingkan pelayanan dari berbagai perusahaan asuransi

Semua perusahaan asuransi pasti mempunyai tujuan yang sama. Tapi tidak semuanya cocok alias sesuai dengan diri kita.

Terkadang kita tertipu dengan harga yang murah. Saat kita memutuskan untuk membeli, terjadi berbagai masalah saat kita sedang membutuhkannya.

Salah satu yang sering terjadi adalah perusahaan asuransi tidak memberikan informasi secara detail. Aturan-aturan yang dapat membatalkan asuransi. Seperti kasus hukum. Hampir mayoritas perusahaan asuransi menulis aturan yang sama. Asuransi tidak dapat dicairkan jika pemegang polis melanggar hukum.

Tapi sayangnya tidak semua pemegang polis mengetahui hal tersebut. Mereka baru tahu saat sakit tapi asuransi tidak mau membayar biaya yang dikeluarkan. Ini artinya pelayanan tidak selamanya sesuai dengan kenyataan. Pilih asuransi yang benar-benar terbukti berpengalaman.

Pelajari dalam mengisi aplikasi asuransi kesehatan, tulis lalu simpan

Banyak orang yang tidak memahami saat mengisi sebuah aplikasi. Form asuransi terlihat begitu membingungkan. Terlebih bagi yang masih awam. Tapi mau tidak mau kita harus mempelajarinya. Jika menemukan kejanggalan langsung tanyakan. Jika perlu kita harus meminta salinan untuk dibaca di rumah. Setelah yakin baru kita mengisi formulir asuransi kesehatan tersebut.

Pastikan mendapat member id atau kartu asuransi

Pemegang polis asuransi kesehatan harus tahu yang satu ini. Semua perusahaan asuransi profesional akan mengeluarkan kartu asuransi bagi client. Jika setelah kita membeli asuransi tapi kita tidak menerima kartu asuransi, lebih baik jangan lanjutkan.

Gambar ILustrasi Asuransi Kesehatan

Gambar ILustrasi Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan, Gambar Asuransi Kesehatan Keluarga,

Negosiasi dengan perusahaan asuransi

Banyak orang ingin mendapatkan asuransi kesehatan. Perlu kita catat satu hal yang harus kita waspadai. Hal ini berkaitan dengan uang yang harus kita bayar perbulannya.

Tanyakan kepada bagian Insurance Company atau perusahaan asuransi mengenai kejelasan sistem keuangan. Berapa jumlah uang yang harus kita bayar. Berapa jumlah anggota keluarga yang tercover. Dan yang tak kalah penting, “Bagaimana jika kita kehilangan pekerjaan?”.

Pekerjaan terkadang terlihat aman. Tapi terkadang kita tidak tahu tiba-tiba kita di PHK. Setelah itu kita tidak dapat membayar uang asuransi. Bagaimana dengan pelayanan yang semestinya kita dapatkan?.

Menanyakan hal seperti ini harus kita lakukan agar kita tidak kecewa di kemudian hari. Seperti sebuah pengalaman beberapa pemegang polis. Mereka mendapatkan uang kembali dari keseluruhan uang yang pernah di bayarkan. Biasanya perusahaan menempatkan waktu-waktu tertentu dalam pencairan uang nasabah ini. Ada yang skala 5 tahun, bisa juga 10 tahun, sesuai kebijakan perusahaan asuransi itu sendiri.

Perusahaan asuransi yang harus kita tahu

Kita bisa saja mendapatkan asuransi dari perusahaan. Ada kalanya pula kita tidak mendapatkannya dari tempat kita bekerja. Kita harus mencari sendiri perusahaan yang dapat memenuhi kebutuhan kita.

Ada 3 poin yang harus kita pahami. Lobi tempat kita bekerja, Cari perusahaan asuransi negara. Jangan lupakan perusahaan asuransi swasta.

Saat kita memegang asuransi dari perusahaan kita tidak akan bingung. Lalu bagaimana jika tidak?. Tentu kita harus mencari perusahaan asuransi negara. Tapi sayangnya tidak selamanya asuransi dari negara akan memberikan pelayanan yang optimal. Kita harus melihat keluar yaitu perusahaan asuransi swasta. Karena ada kalanya perusahaan swasta lebih baik dalam segi pelayanan.

Perbandingan biaya asuransi

Membandingkan biaya asuransi menjadi hal yang harus kita lakukan. Membandingkan gaji yang dipotong, dengan jika kita membayar sendiri di luar perusahaan.

Ada kalanya potongan diperusahaan lebih besar dari pada diluar. Saat kita bisa membandingkan antara biaya dengan pelayanan baru kita bisa memilih asuransi yang paling tepat.

Selain biaya perbulan ada biaya yang harus kita perhatikan. Biaya saat perawatan kesehatan. Ada kalanya perusahaan asuransi hanya membayar 80%. Dan sisanya kita harus merogoh dari saku kita sendiri.

Perbandingan premi coinsurance dan deductifnya harus kita pikirkan masak-masak. Termasuk jumlah anggota yang terlindungi dari payung asuransi kesehatan tersebut. Karena percuma jika kita membeli asuransi mahal tapi yang tercover hanya diri kita sendiri.

Pelayanan selama perawatan

Perusahaan asuransi selalu bekerja sama dengan rumah sakit. Lalu pelayanan seperti apa yang akan kita dapatkan?. Apakah kita akan mendapat pelayanan VVIP?. Atau bisa jadi kita mendapatkan pelayanan kelas Emperan.

Banyak pemegang polis asuransi kecewa dengan pelayanan yang didapatkan. Perusahaan asuransi hanya membayar jika menggunakan fasilitas rumah sakit yang paling rendah. Maka tak jarang para pemegang asuransi justru tidak kebagian ruang saat sampai dirumah sakit.

Yakinkan bahwa kita akan mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai. Kenyamanan kita dan keluarga adalah lebih penting.

Menggabungkan asuransi kesehatan dengan jaminan masa tua

Mungkin anda belum tahu. Sekarang kami akan memberi tahu. Salah satu hal yang menjadi dilema saat bergabung dengan perusahaan asuransi adalah masa tenggang waktu.

Misal saat ini usia kita 25 tahun. Kita membeli paket asuransi kesehatan untuk keluarga. Waktu terus berjalan. Banyak keuntungan yang kita dapat dari asuransi. Keluarga juga terjamin kesehatannya. Lalu tiba-tiba usia kita sudah 40 tahun lebih. Kita sudah mulai memikirkan hari tua. Pada kenyataannya, tidak semua perusahaan asuransi mampu memberikan perlindungan hari tua. Kita harus membeli sendiri jaminan hari tua dengan biaya yang tidak sedikit pula.

Karena inilah kita harus mencari tahu jika ingin membeli paket asuransi. Saatnya kita memikirkan jangka panjang. Asuransi seperti Investasi. Kita bisa mendapatkan manfaatnya dikemudian hari. Belilah asuransi dari perusahaan yang dapat memberikan pelayanan keduanya. Baik itu pelayanan kesehatan maupun jaminan di hari tua.

Biasanya perusahaan asuransi akan memberikan gambaran khusus jika kita mau menanyakan hal tersebut.

Pelayanan kendaraan rumah sakit

Apakah anda tahu?. Belum tentu tahu. Kendaraan rumah sakit atau ambulance adalah bagian dari hak kita pemegang polis. Gunakan pelayanan gratis ini jika kita telah menjadi pemegang polis.

Mungkin kita belum begitu yakin. Karena itulah kita bahas kali ini. Ada baiknya jika kita menanyakan apakah kendaraan rumah sakit termasuk dari pelayanan yang akan di bayarkan oleh perusahaan asuransi. Meskipun tidak semua perusahaan asuransi menerapkan hal ini. Tapi mayoritas perusahaan asuransi memasukkan kendaraan rumah sakit menjadi bagian dari biaya yang harus dibayarkan.

Pelayanan dalam perubahan status

Boleh jadi saat kita membeli asuransi kita masih lajang. Tapi bagaimana jika nanti kita sudah menikah?. Setelah itu punya anak?. Apakah perusahaan asuransi siap mengcover jumlah anggota keluarga kita?.

Biasanya akan dikenakan biaya tersendiri. Namun ada baiknya kita menanyakan. Siapa tahu perusahaan asuransi telah menjadikan program tersendiri. Sehingga pemegang asuransi secara otomatis terlindungi jika sudah menikah dan mempunyai anak.

Waktu yang tepat saat mendaftar

Ada waktu-waktu tersendiri yang dapat kita manfaatkan untuk membeli asuransi. Terkadang perusahaan yang bonafit akan menunda pendaftaran. Biasanya hal ini berkaitan dengan status kemapanan.

Perusahaan asuransi ternama akan membutuhkan segala informasi tentang kita. Mulai dari detail kewarganegaraan hingga pekerjaan dan gaji kita pertahunnya. Karena inilah biasanya perusahaan asuransi akan menunggu waktu yang tepat sambil memperhitungkan pendapatan kita pertahunnya.

Perusahaan besar akan lebih berhati-hati. Karena seimbang dengan pelayanan yang diberikan.

Mencari subsidi dari pemerintah

Tidak hanya BBM saja yang di subsidi. Dalam hal asuransi banyak yang mendapatkan subsidi dari pemerintah.

Biaya yang kita keluarkan akan lebih murah jika kita mendapatkan subsidi. Tidak harus perusahaan negara, swasta sekarang ini juga bisa mendapatkan subsidi. Karena pemerintah telah memajukan sistem pelayanan kesehatan bagi masyaraktanya.

Bayar biaya asuransi tiap bulan

Ada yang tidak mendapat asuransi dari perusahaan. Pada akhirnya harus membeli asuransi diluar dan membayar perbulannya.

Setelah menyelesaikan aplikasi, pastikan rutin membayar. Seperti kita menabung, suatu saat nanti kita akan menikmatinya. Entah itu untuk diri kita sendiri atau untuk anak istri kita.

Hidup kita akan lebih sejahtera saat kita mendapatkan jaminan dari kebutuhan yang tidak terduga. Sakit bukan hal yang diinginkan. Tapi ada kalanya manusia sakit. Dan sakit yang kronis dengan biaya besar akan tertolong dengan adanya asuransi yang kita punya.


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar