Home » peluang usaha » 7 Usaha Sampingan Dan Strategi Suksesnya

usaha sampingan

7 Usaha Sampingan Dan Strategi Suksesnya

Usaha Sampingan – Bagi siapapun anda yang sudah memiliki penghasilan tetap, namun terkadang hasil yang kita dapatkan belum mencukupi kebutuhan yang ada, sering kali kita mencari usaha sampingan untuk mendapatkan hasil yang lebih besar dari pekerjaan yang sudah kita tekuni. Usaha sampingan adalah sebuah kegiatan yang menghasilkan diluar dari usaha pokok yang sudah kita geluti.

Misal kita adalah seorang karyawan pabrik dengan penghasilan 1 juta perbulan. Untuk hidup di kota besar seperti Jakarta, tentu penghasilan ini sangat minim. Untuk itu, kita harus jeli mencari usaha sampingan agar kebutuhan kita bisa terpenuhi. Apakah hanya untuk kota-kota besar seperti Jakarta?. Tentu saja bagi anda yang tinggal di pedesaan bisa juga mewujudkan usaha sampingan ini menjadi salah satu penopang perekonomian keluarga.

Jenis Usaha Sampingan Seperti Apa Yang Menjanjikan?

Jika kita menginginkan hal yang muluk-muluk, mungkin namanya bukan lagi usaha sampingan. Tapi sudah menjadi usaha pokok atau usaha inti. Usaha sampingan tujuannya adalah tetap menghasilkan meskipun berapapun hasil yang kita peroleh. Untuk itu, kita bisa memanfaatkan sekecil-kecilnya peluang tanpa modal yang besar.

  1. Jual Pulsa.
    Jualan pulsa tanpa mempunyai konter HP bisa menjadi salah satu usaha sampingan. Meskipuan hasilnya mungkin tidak seberapa, tapi berapapun hasilnya paling tidak bisa menjadi uang tambahan untuk memenuhi kebutuhan hidup kita sehari-hari.
  2. Membuka Toko Sederhana.
    Jika anda mempunyai ruang ekstra di rumah anda, membuka toko sederhana bisa menjadi salah satu usaha sampingan yang menguntungkan. Terlebih jika anda sudah berkeluarga, Anda tetap bisa bekerja diluar rumah, dan Istri anda menjaga toko dirumah sambil mengurus anak.
  3. Rental Play Station.
    Rental PS menjadi salah satu andalan dari beberapa jenis usaha yang ada. Anda bisa menyisihkan sedikit uang anda untuk membeli beberapa unit, mungkin bisa dimulai dari 1 unit Play Station, yang anda letakkan di ruang tamu atau ruang khusus dan mempersilakan siapa saja yang ingin bermain dengan tarif tertentu. Rental PS atau Play Station kami rasa menjadi salah satu usaha sampingan yang patut anda coba.
  4. Menjahit.
    Beberapa pengusaha tekstil mempersilakan siapa saja yang ingin menjadi mitra bisnisnya. Tak banyak pengusaha Garment atau Tekstil memperbolehkan bahan kain mereka untuk dibawa pulang dan dijahit dirumah. Setelah selesai dijahit, kain tersebut di bawa kembali ke pabrik dan kita mendapatkan upah yang telah ditentukan.
  5. Laundry Pakaian.
    Bisnis cuci pakainan mulai marak diseluruh penjuru nusantara. Tidak hanya dikota besar, di pedesaan sudah banyak bisnis laundry. Bisnis ini termasuk dalam kategori jasa. Yaitu membantu siapa saja yang tidak sempat mencuci pakaian, dan kita mencuci pakaian mereka dengan menggunakan mesin cuci. Lalu kita mensetrikanya memberikan wangi-wangian. Yaahhh .. kami rasa hanya seperti ini. Lalu kita akan mendapatkan imbalan dari pakaian yang kita cuci.
  6. Menjadi Penulis Blog.
    Banyak jenis bisnis online yang sangat menghasilkan. Salah satunya adalah dengan membuat blog yang bermanfaat. Dengan kita menulis pada blog atau website, kita bisa berpartisipasi dalam program PPC yang mana akan memberikan hasil tambahan kepada kita. Dibagian atas terdapat tab ADSENSE, silakan baca-baca artikel didalamnya, dan semoga bermanfaat.
  7. Jualan Online.
    Bagi anda yang tidak mempunyai banyak modal tapi mempunyai banyak teman dan relasi, kalian bisa menjadi penjual online tanpa harus banyak mengluarkan modal. Kalian bisa datang ke teman-teman atau pengusaha distro atau toko pakaian lalu kita tawarkan untuk membantu mereka berjualan secara online. Setiap produk yang berhasil kita jual, nanti kita akan mendapatkan komisi, atau bisa kalian tentukan sendiri bagaimana proses kesepakatan yang kalian inginkan.

Sedikit kami berpesan, untuk kalian yang mencari usaha sampingan, terlebih untuk ibu rumah tangga, jangan mengambil usaha sampingan yang banyak menghabiskan waktu. Ingat, apapun itu, mengurus anak adalah kewajiban yang paling utama. Jangan sampai usaha sampingan yang kita lakukan dirumah mengalahkan kewajiban kita yang lainnya. Dan semoga apapun usaha sampingan yang anda lakukan, anda tetap menapakinya dengan penuh rasa syukur dan semoga Sukses.


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar