Home » peluang usaha » 7 Peluang Usaha Yang Cocok Bagi Mahasiswa

Peluang Usaha Yang Cocok Bagi Mahasiswa

7 Peluang Usaha Yang Cocok Bagi Mahasiswa

Peluang usaha yang cocok bagi mahasiswa merupakan salah satu acuan dalam menanamkan jiwa bisnis atau wirausaha di kalangan Mahasiswa. Sebab, mahasiswa adalah golongan berpendidikan, mungkin agak kurang enak dilihat jika orang yang berpendidikan masih melakukan usaha yang mengutamakan otot dari pada akal. Namun tidak ada larangan jika saja ada mahasiswa yang melakukan usaha yang masih menggunakan otot. Karena keduanya selama halal tidaklah menjadi persoalan.

7 Peluang usaha yang cocok bagi mahasiswa diantaranya adalah :

  1. Toko Online.
  2. Les Private (Bimbingan Belajar).
  3. Warnet.
  4. Biro Jasa / Kantor Pemasaran.
  5. Jasa Pengetikan.
  6. Penulis.
  7. Resto dan Distro.

Toko Online

Seperti yang kita ketahui, Toko Online bukanlah sembarang toko. Tidak semua orang dapat membuatnya. Namun bagi seorang mahasiswa, toko online bukanlah hal yang sulit. Karena itu, toko online sangatlah cocok bagi mahasiswa yang ingin mengais rejeki dari dunia maya tersebut.

Les Private

Peluang usaha yang cocok bagi mahasiswa selanjutnya adalah tentang les private. Demikian halnya dengan les private. Seorang mahasiswa yang sudah barang tentu mendapat label kaum berpendidikan, dapat menyalurkan ilmu yang mereka miliki sebagai pengajar dalam les private atau bimbingan belajar.

Bisnis Warnet

Warnet juga memiliki keterkaitan dengan dunia komputer, yaitu alat yang mendapat label hanya bisa digunakan bagi orang-orang pintar saja. Maka warnet bisa menjadi alternatif usaha yang ingin anda lakukan sebagai para mahasiswa. Hal ini membuat bisnis warnet sangat dapat dijadikan peluang usaha yang cocok bagi mahasiswa.

Biro Jasa / Kantor pemasaran

Sebagai mahasiswa yang mempunyai tingkat pendidikan lebih, diharapkan akan mempermudah dalam beradaptasi. Maka kemampuan ini dapat kita kembangkan dalam dunia marketing. Kita bisa membuka biro jasa, entah iklan atau yang lainnya. Dan kita juga bisa saja membuka sebuah kantor pemasaran. Dengan kemampuan argumentasi serta kemampuan mempengaruhi orang lain, kita yakin seorang mahasiswa pasti mampu sukses didalam usaha tersebut. Tentu saja peluang usaha yang cocok bagi mahasiswa yang satu ini akan membutuhkan mental dan pemahaman lebih tentang wirausaha. Karena inilah kalangan mahasiswa harus mampu menjawab tantangan tersebut.

Jasa Pengetikan

Banyak dari masyarakat kita buta dengan komputer. Namun tidak sedikit masyarakat yang membutuhkan surat menyurat secara formal. Untuk itu, kita bisa menawarkan jasa pengetikan kepada mereka yang membutuhkan. Dan sekiranya ilmu kita akan bisa bermanfaat bagi orang lain. Meskipun sederhana, tapi paling tidak hal ini dapat menjadikan salah satu peluang usaha yang cocok bagi mahasiswa.

Penulis

Banyak para mahasiswa yang bercita-cita untuk menjadi seorang penulis. Tak sedikit dari mereka telah berhasil dan sukses dalam menulis. Namun sayangnya, tak sedikit pula yang mempunyai pengalaman buruk dalam menulis. Penulis menjadi salah satu peluang usaha yang cocok bagi mahasiswa. Hal ini dikarenakan minimnya kemampuan dalam menyampaikan isi pikiran. Dan perlu kita perhatikan, menjadi penulis tidaklah harus berupa buku, kita juga bisa menjadi penulis blog dan kita bisa menghasilkan uang dari blog tersebut.

Resto dan Distro

Peluang usaha yang cocok bagi mahasiswa ke tujuh adalah Resto dan Distro. Banyak komunitas-komunitas atau sebuah organisasi masyarakat yang beranggotakan para mahasiswa. Kita dapat memanfaatkan peluang ini untuk membuat sebuah distro, dimana akan banyak teman-teman mahasiswa lain yang akan singgah ke tempat kita, dan akan ada juga teman-teman dari komunitas lain yang akan membantu meramaikan distro yang kita buat. Dan hal inipun berbanding sama dengan dunia resto. Jika kita ingin membuat sebuah restoran yang gaul, maka para mahasiswa adalah pangsa pasar yang cocok.


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar