Home » peluang usaha » 7 Peluang Usaha Untuk Pelajar

peluang usaha untuk pelajar, peluang usaha,

7 Peluang Usaha Untuk Pelajar

Peluang usaha untuk pelajar kali ini bukan untuk memaksa seorang anak didik untuk bekerja, namun artikel ini kami buat sebagai informasi tentang peluang usaha yang dapat dilakukan oleh seorang pelajar. Sebagian pelajar bukanlah dari golongan orang kaya. Sebagian dari mereka mempunyai orang tua yang berkehidupan pas-pasan bahkan bisa jadi serba kurang.

Bagi kalian pelajar yang ingin berbisnis tanpa menyita waktu belajar, sekedar untuk tambahan uang jajan atau sekedar ingin membantu orang tua, semoga beberapa peluang usaha yang kami tulis berikut ini bisa bermanfaat dan memberikan inspirasi bisnis.

Peluang Usaha Untuk Pelajar

  1. Berjualan Pulsa elektrik.

    Peluang usaha untuk pelajar pertama adalah jual pulsa elektrik. Kemudahan dalam bertransaksi pulsa bisa dimanfaatkan oleh pelajar untuk dapat menghasilkan uang tambahan. Dengan berjualan pulsa elektrik, seorang pelajar tidak harus memiliki modal besar. Bahkan asalkan kita punya HP, kita bisa berjualan pulsa. Hal ini dapat kita lakukan dengan bekerja sama dengan depot resmi pulsa elektri di sekitar kita. Kita bisa meminta saldo pulsa tanpa harus melakukan deposit terlebih dahulu. Yang kita butuhkan adalah kepercayaan.

  2. Berjualan Online.

    Peluang usaha untuk pelajar kedua adalah jual produk secara online. Bagi seorang pelajar, sosial media pasti tidak asing lagi bagi mereka. Karena itulah, kita bisa memanfaatkan sosial media tersebut untuk berjualan produk. Seperti pakaian, barang elektronik, dan produk-produk lainnya. Kita tidak harus mempunyai barang sendiri untuk bisa kita jual, kita bisa memposisikan sebagai seorang perantara. Sehingga kita hanya menjual produk orang lain. Dan kita bisa mendapatkan komisi dari setiap produk yang kita jual.

    Jika anda memposisikan sebagai penjual, kita harus berhati-hati, karena kita tidak boleh menjual produk yang kita tidak memiliki barang tersebut. Namun kita boleh menjadi perantara dalam proses jual beli tersebut. Untuk lebih jelasnya, bisa kalian cari hukum jual beli dalam islam. Hal seperti ini perlu kita perhatikan agar rejeki yang kita dapat tetap halal dan membawa keberkahan bagi diri kita, keluarga, dan juga orang lain.

  3. Install dan Servis HP.

    Peluang usaha untuk pelajar yang ketiga adalah install dan servis hp. Smartphone adalah sebuah barang yang terdapat berjuta peluang usaha didalamnya. Salah satunya, kita bisa memberikan jasa install aplikasi smartphone seperti android, iphone atau yang lainnya. Untuk sekelas pelajar, jangan memasang tarif yang tinggi. Paling tidak, kita harus lebih murah dari konter-konter HP di luar sana.

    Sedangkan untuk servis, kita bisa melakukan servis HP jika kita mampu. Jika tidak, kita bisa melempar HP tersebut ke tempat servis HP disekitar kita. Jika sudah selesai, kita bisa mengambil komisi.

  4. Install dan Servis Komputer.

    Peluang usaha untuk pelajar keempat adalah dengan menginstall atau servis komputer. Teknologi berkembang begitu pesatnya, namun sayangnya hal ini tidak seimbang dengan pengetahuan tentang teknologi. Sebagian besar orang memiliki komputer dan laptop, namun sebagian besar dari mereka tidak tau apa fungsi komputer dan laptop tersebut. Sehingga, komputer atau laptop akan cenderung mudah rusak. Bagi seorang pelajar, kita bisa mengambil kesempatan ini, perlu di ingat, sebagian besar kerusakan pada komputer atau laptop adalah pada bagian software, kita cukup install ulang maka permasalahan selesai.

  5. Menjadi Penulis Lepas.

    Sedangkan Peluang usaha untuk pelajar yang kelima adalah dengan menjadi penulis lepas. Yang dimaksud dengan penulis lepas dalam hal ini adalah, kita menulis tanpa ada ikatan dari pihak manapun. Sehingga kita bisa menawarkan setiap hasil tulisan kita kepada siapapun. Kita bisa menawarkan hasil tulisan kita seperti puisi, cerpen, atau cerbung ke Redaksi Majalah atau Surat Kabar. Jika beruntung tulisan kita akan dimuat dalam harian surat kabar tersebut. Dan setiap tulisan yang dimuat, kita berhak mendapatkan komisi. Selain itu, kita juga bisa menjadi penulis online. Yaitu menjual setiap tulisan yang kita buat secara online.

  6. Menjadi Penulis Buku.

    Peluang usaha untuk pelajar keenam yang dapat dimanfaatkan dengan menjadi penulis buku. Kehidupan remaja adalah kehidupan yang penuh dengan warna. Bagi anda seorang pelajar, kalian bisa menggoreskan pengalaman kalian kedalam sebuah buku. Dengan memperhatikan kehidupan disekitar anda, maka meskipun anda seorang pelajar, anda dapat membuat sebuah buku novel atau buku karya ilmiah tentang seputar kehidupan remaja. Apakah harus seputar kehidupan remaja?. Tentu saja tidak, kalian sendirilah yang lebih tau, apa yang bisa kalian tulis.

  7. Menjadi Penulis Blog.

    Dan yang ketujuh dalam Peluang usaha untuk pelajar adalah menjadi penulis blog. Bakat dalam menulis adalah bakat yang sangat istimewa. Bakat menulis yang kalian punya bisa kalian curahkan ke dalam sebuah blog pribadi. Dan dari blog tersebut, kalian bisa menghasilkan uang. Bahkan, jika anda tekuni, hasil dari tulisan kalian ke dalam blog pribadi tersebut bisa lebih besar dari apa yang kalian bayangkan. Kunci utamanya adalah konsistensi. Konsistenlah dalam menulis, dan saat anda mempunyai ribuan artikel, saat itulah saatnya anda menuai hasil jerih payah kalian selama ini.

Sedikit catatan bagi kalian para pelajar yang ingin berbisnis, perlu diingat, apapun itu alasannya, kewajiban utama kita adalah belajar. Jangan sampai kesibukan kita dalam berbisnis mengalahkan kewajiban kita sebagai seorang pelajar.

Kita harus membuat orang tua bangga. Dan hal yang paling membuat orang tua bangga saat posisi kita sebagai pelajar bukanlah uang dari yang kita hasilkan, tapi prestasi kita dalam belajar adalah fokus utama orang tua. Untuk itu, tetap jalankan kewajiban dan lakukan apa yang kita bisa lakukan berikutnya.

Ilmu adalah kekayaan yang takkan pernah ada habisnya. Gunakanlah ilmu untuk mencari penghasilan yang halal dan bermanfaat. Bahagiakan orang tua agar hidup kita tetap bahagia. Muliakan orang tua agar hidup kita bisa mulia.


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar