Home » wirausaha » kiat sukses » 7 Kunci Sukses Usaha Kue Kering

Usaha kue kering, kue kering

7 Kunci Sukses Usaha Kue Kering

Usaha kue kering memang tidak di ragukan lagi tentang hasilnya. Selain modal yang tidak terlalu besar, usaha ini juga di bilang bebas dari resiko kegagalan. Untuk menjalankan usaha kue kering agar bisa di bilang sukses halal dan barokah, ada beberapa tips untuk menjalankan usahanya.

Kunci utama usaha kue kering

  1. Tentukan pangsa pasar.

    Seperti artikel saya yang dulu, jangan jualan es di kutub utara. Meski mungkin bisa laku, tapi hal ini mendekati mustahil. Sama halnya dalam usaha kue kering. Jadi sebelum memulai kue apa yang akan kita buat, kita harus melihat selera sekitar kita. Misal saya di solo, kita bisa membuat kue kering yang manis. Karena kata orang orang solo itu manis-manis dan suka yang manis-manis.

  2. Utamakan mutu dan manfaat dari kue yang anda buat.

    Utamakan bahan yang anda buat adalah bahan-bahan pilihan. Meski harus menghemat biaya produksi, tapi bukan berarti harus mengesampingkan efek samping bagi para pembeli. Dan sebisa mungkin bermanfaat, misal setelah makan kue kering anda maka orang tersebut bisa kebal terhadap penyakit karena di sertai dengan multi vitamin.

  3. Konsisten dalam menjalankan usaha.

    Jangan hari ini buat kue kering roti atau apa saja yang berbau kue kering. Besok kita usaha jualan nasi pecel. Meskipun boleh sekedar untuk sampingan. Tapi harus tetap fokus pada usaha anda jika memang niat anda ingin sukses dengan usaha ini.

  4. Buat produk bervariasi.

    Misal produk 1 berbentuk bintang dengan rasa manis. Produk 2 dengan bentuk bulat dengan rasa asin. Tapi masih dengan bahan yang sama. Sehingga usaha kue kering kita tidak memerlukan modal tambahan lagi untuk membuat kue-kue tersebut.

  5. Utamakan kemasan yang unik.

    Jika memang tidak bisa membuat kemasan yang mahal seperti kue-kue biskuit bermerk yang ada di dalam kaleng atau di plastik yang mahal. Paling tidak kita bisa mengemasnya dengan sesuatu yang bisa memikat para pembelinya.

  6. Usahakan memiliki sales.

    Sales atau orang-orang yang bisa memengantarkan produk anda sampai ke toko-toko atau ke warung-warung. Seleksi mereka, usahakan mereka yang bermental petarung dalam artian tidak mudah menyerah. Jujur dan setia. Karena jika tidak setia, bisa saja mereka bosan bekerja di tempat anda lalu menjual produk orang lain sambil menjelek-jelekkan produk anda. :)

  7. Bekerja keraslah dalam menjalankan usaha ini.

    Dan penuhi dengan do’a dan kesabaran. Yakinlah bahwa setiap keringat yang keluar adalah ibadah. Usaha kue kering akan mengantarkan anda menuju ke jenjang kesuksesan yang lebih besar.

Masih banyak lagi aspek-aspek pendukung dari usaha anda agar bisa sukses. Namun dalam kesempatan ini hanya ada  cara bagaimana mengelola usaha kue kering roti kering atau roti brownies dan sejenisnya yang bisa saya sampaikan. Karena itu point utama yang anda butuhkan.


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

2 komentar

  1. mas, sy prnah bc artikel mas kris dgn jdul peluang usaha roti brownies. apkah itu jg trmasuk dlm ktegori kue kring? lalu, bgmn dgn pgsa psar kita? sy tinggl di desa mas, apkh kue brownies bs laku jk dijual didesa? trma kasih.

    • Ya, kue brownies adalah usaha kue kering. Sedangkan untuk kue donat itu adalah kue basah. Untuk di desa, tergantung dari perkembangan perekonomian desa tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar