Home » wirausaha » kiat sukses » 7 Kunci Sukses Menjadi Pengusaha Yang Halal

Kunci Sukses, sukses,

7 Kunci Sukses Menjadi Pengusaha Yang Halal

Mari kita terapkan 7 Kunci Sukses menjadi pengusaha dengan rejeki halal dan brokah. Sebenarnya tidak jauh dari kebiasaan kita sehari-hari. Bagi para Wirausahawan Sejati, pasti pernah melakukan hal-hal yang akan saya sebutkan di bawah ini. Dalam dunia bisnis, tidak ada yang bisa menjamin diri kita akan sukses sepenuhnya. Yang dapat kita lakukan hanyalah melakukan yang terbaik yang kita bisa.

Gambar Ilustrasi Kunci Sukses

Gambar Ilustrasi Kunci Sukses

Kunci Sukses, sukses,

7 Kunci Sukses Menjadi Pengusaha

  1. Kunci sukses pertama adalah Do’a.
    Sebelum memulai segala sesuatu, kita harus memohon kepada sang pemilik alam semesta agar apa yang kita lakukan selalu didampingi oleh Ridho’Nya.Dan saat melakukan segala sesuatupun, kita harus senantiasa berdo’a dan mengingatNya.

    Dengan agama dan kepercayaan masing-masing. Seperti halnya Sholat, sholat adalah do’a. Ibadah, ibadah adalah do’a. Segala sesuatu bisa menjadi do’a untuk diri kita.

  2. Kunci sukses kedua adalah Kerja Keras.
    Dengan kerja keras yang di awali do’a kita tidak perlu risau dengan lelah yang ada. Lelah yang kita rasakan InsyaAllah akan tergantikan oleh hasil yang memuaskan.

    Apa itu kerja keras? Kerja keras bukan harus bekerja yang berpeluh keringat terpanggang di terik matahari. Seorang disainer yang bekerja di ruang ber AC juga bisa bekerja keras. Dimana senantiasa mengembangkan kemampuannya mendisain menggunakan mayoritas waktunya untuk kegiatan positif yang menunjang karirnya.

  3. Kunci sukses ketiga Kualitas Produk.
    Dengan menjaga kualitas produk, maka kita akan mempunyai peluang mendapatkan kepercayaan dari konsumen. Terlebih di awal-awal pemasaran, kualitas produk sangat berperan penting demi kesuksesan usaha kita. Halal haram produk kita menjadi kunci kualitas rejeki kita.
  4. keempat Inovatif dan Kreatif.
    Inovatif dan kreatif sebenarnya hampir memiliki makna yang sama. Seorang pengusaha harus mempunyai daya kreatifitas dan inovasi yang tinggi. Ini untuk mengantisipasi rasa bosan dari konsumen kita.
  5. Kelima adalah menghargai perusahaan anda dan yang berkaitan didalamnya.
    Perusahaan yang dimaksud tidak harus berupa kantor atau sebuah pabrik. Tapi segala sesuatu yang menjadi media usaha anda bisa menjadi perusahaan. Kita harus menghargai aset didalamnya.

    Misal kita punya perusahaan penggilingan padi, maka kita harus menghargai alat penggilingan padi tersebut. Cara menghargainya dengan membersihkannya, melakukan perawatan dan lainsebagainya. Karena saat ini tidak berfungsi, maka akan menjadi kendala dalam usaha anda.

    Dan yang tak kalah penting adalah menghargai orang-orang yang terlibat di dalam usaha anda seperti karyawan. Mengapa karyawan? Karena mereka yang membuat usaha anda terasa lebih ringan, dan mereka juga yang turut membesarkan perusahaan anda.

    Gajilah karyawan sesuai dengan takaran hidup yang ada. Jika dengan 1 juta rupiah, anda sendiri tidak bisa hidup di Jakarta dengan layak, maka janganlah anda menggaji karyawan dengan upah 1 juta perbulan. Apalagi menggaji dibawah 1 juta. Karena karyawan yang sejahtera menandakan kesejahteraan pemilik perusahaan mereka. Kunci sukses yang satu ini harus dingat dan di implementasikan.

  6. Kunci keenam adalah beramal.
    Dengan beramal seperti sodaqoh atau sekedar berinfaq, maka anda akan mendapatkatkan pintu rejeki yang senantiasa terbuka dari mana saja dan terbuka kapan saja. Yang harus anda perhatikan pertama adalah di lingkungan perusahaan anda.

    Misalnya, jika ada karyawan yang sakit parah, dan kesulitan dalam hal biaya, maka tak ada salahnya anda membantu mereka. Jika ada tetangga sebelah rumah atau sebelah perusahaan sedang sakit parah, dengan penghasilan yang pas-pasan, tak ada salahnya anda membantu mereka meringankan biaya berobat mereka.

    Dengan demikian, anda akan mendapatkan do’a dari orang-orang tersebut yang InsyaAllah ijabah.

  7. Kunci ketujuh adalah Sabar dan Tawakal.
    Seperti yang kita ketahui, Kesabaran adalah penolong kita. Kita harus sabar dan tawakal dalam menjalankan usaha. Jika hasil usaha kita masih belum banyak membuat kita di sebut sukses, maka kita harus bersabar. Lakukan terus yang terbaik.

    Bertawakal yang artinya menyerahkan segala urusan kepada sang pencipta. Agar kita senantiasa menjadi pribadi yang penuh syukur ikhlash dengan segala ketentuan Allah.

Barang siapa bisa menerapkan 7 kunci sukses diatas. InsyaAllah kita akan mendapatkan Ridho dari Allah. Usaha yang kita lakukan akan berhasil. Dapat mengantarkan kebahagiaan dunia hingga akhirat. Allah maha kaya. Jangan segan-segan meminta kepada Allah. Allah adalah kunci sukses kita. Pernahkah anda bayangkan suatu saat nanti anda menjadi orang sukses?.


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

2 komentar

  1. islami bgt mas tipsx, mksh mdh2n brmnfaat.

  2. Terima kasih kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar