Home » wirausaha » kiat sukses » 7 Cara Menjadi Orang Sukses

cara menjadi orang sukses, orang sukses, sukses,

7 Cara Menjadi Orang Sukses

Cara Menjadi Orang Sukses. Sukses adalah tujuan utama dari setiap usaha yang kita lakukan. Dalam Wirausaha atau bahkan dalam kehidupan ini, semua orang pasti ingin sukses dalam segala hal. Tidak semua orang memahami bagaimana sebuah kesuksesan terbentuk. Setiap orang mempunyai berbagai cara dalam mewujudkan kesuksesan. Seperti yang dikutip pada sebuah halaman website How to Be Successful, kali ini tim wirasejati akan memberikan tips sukses versi wirasejati.

Langkah-langkah Cara Menjadi Orang Sukses

1. Selalu awali kegiatan anda dengan do’a.

Apapun profesi anda, entah anda seorang karyawan atau seorang pengusaha. Anda tidak akan menemui arti sukses yang sesungguhnya jika anda tidak bisa mendapatkan berkah dari kesuksesan anda. Berkah dari kesuksesan bisa anda rasakan dengan cara melihat diri anda sendiri dan bagaimana orang-orang disekitar anda.

Hidup yang penuh berkah akan dipenuhi dengan kebahagiaan. Entah dalam keadaan lapang atau sempit, kebahagiaan akan tetap bisa dirasakan. Dan salah satu kunci untuk mendapatkan rejeki yang barokah adalah dengan mengawali segala kegiatan seperti bekerja dengan sebuah do’a. Karena kita hidup didunia ini tidak sendiri. Kita hidup dan ada yang menghidupi kita.

2. Bekerja lebih keras.

Rasa malas bisa mengalahkan semangat anda kapanpun dan dimanapun. Setiap orang sukses harus memiliki kiat dalam mengusir rasa malas. Siapapun kita, jika kita mampu mengusir rasa malas pada diri kita sendiri, maka kita akan mampu bekerja lebih keras. Segala aspek kesuksesan hanya dapat kita peroleh jika kita mau bersungguh-sungguh dalam berusaha.

Usaha yang keras akan menghasilkan sesuatu yang besar. Orang yang mampu bekerja lebih keras tidak mudah menyerah akan lebih dekat dengan kesuksesan. Sebab mereka sadar, tidak ada yang instant. Semua hal perlu proses dan salah satu proses mencapai kesuksesan adalah dengan bekerja lebih keras.

3. Bekerja lebih Cerdas.

Bekerja keras saja tidak cukup. Kita harus mampu bekerja lebih cerdas. Terlebih di era modern, era teknologi yang semakin maju, setiap individu akan dituntut untuk bisa lebih cerdas. Bekerja lebih cerdas tidak harus mempunyai titel sarjana atau profesor. Bekerja lebih cerdas maksudnya adalah, kita harus selalu berinovasi, menemukan cara-cara baru dalam setiap bentuk usaha kita.

Metode pemasaran yang dulu kita terapkan tidak akan sama dengan metode pemasaran saat ini. Dulu kita memasarkan barang hanya melalui kantor ke kantor, atau rumah ke rumah. Tapi sekarang, media sosial seperti facebook, twitter, google plus, dan yang lainnya, semuanya memegang peranan penting dalam mencapai kesuksesan. Untuk itulah kita harus lebih cerdas dalam melangkah.

4. Tingkatkan kualitas diri.

Setiap orang yang ingin sukses, mereka harus mau dan mampu menjaga dan meningkatkan kualitas diri mereka. Seseorang yang baru saja memulai sebuah usaha, mereka sudah mempunyai  satu benih yang berkualitas. Dan benih ini terdapat pada diri kita sendiri. Hanya ada dua kemungkinan, benih ini akan terus berkembang atau mati. Kualitas diri meliputi segala aspek.

Bagaimana kita berbicara kepada orang lain. Bagaimana kita berbicara dengan bawahan. Bagaimana cara kita menjaga hubungan baik dalam lingkungan pekerjaan dan kemasyarakatan. Bahkan tidak hanya itu. Kualitas diri juga terwujud dalam bentuk ibadah.

5. Buat perencanaan yang matang.

Dalam segala hal, kita harus mempunyai tujuan. Tujuan ini ada dua hal, yaitu tujuan jangka panjang dan tujuan jangka pendek. Tujuan jangka panjang adalah tujuan kita yang sesungguhnya. Dan kita harus membuat rencana-rencana kecil untuk mencapai tujuan tersebut. Sebuah kesuksesan yang besar hanya bisa diwujudkan jika kita mampu meraih kesuksesan yang kecil. Jika kita mempunyai tujuan ingin pergi Haji, kita harus tau, berapa ongkos yang kita perlukan.

Tempatkan Haji sebagai tujuan utama. Dan untuk mencapai tujuan utama tersebut, kita harus mempunyai langkah-langkah untuk mewujudkan tujuan tersebut. Misal, target penjualan perbulan. Jika kita mampu memenuhi target penjualan perbulan, kita akan semakin dekat dengan tujuan utama kita.

Begitu pula langkah dalam mencapai target penjualan perbulan, kita harus membuat strategi khusus bagaimana agar target perbulan kita selalu bisa tercapai. Dengan menyusun rencana-rencana kecil inilah kita akan mampu dan berhasil mewujudkan rencana besar kita.

6. Konsisten dan konsekuen.

Seorang pesepak bola dunia bisa sukses dalam menjadikan hobi menjadi sebuah pekerjaan. Karena mereka selalu rajin berlatih setiap saat. Demikian dengan kita, apapun jenis usaha kita, kita harus tetap konsisten dalam menjalaninya. Jika kita tidak mampu konsisten, kita harus mau menerima segala konsekuensinya.

Seorang pemain sepak bola dunia yang tidak konsisten lagi dalam berlatih, mereka akan mengalami penurunan kualitas. Dan mereka akan tergeser oleh orang lain yang lebih berkualitas. Demikian pula dalam dunia wirausaha. Jika kita tidak konsisten dalam menjalani sebuah usaha, kita harus mau menerima konsekuensinya sekalipun itu dalam bentuk sebuah kegagalan.

Karena inilah seorang wirausahawan harus mempunyai sifat pantang menyerah. Karena memilih bidang usaha sama halnya memilih seorang istri. Jika kita ingin memilih seorang istri atau pasangan hidup, kita boleh memilih banyak wanita untuk kita seleksi mana yang cocok dan tepat untuk kita jadikan pendamping. Tapi, setelah kita memilih satu orang untuk kita jadikan seorang istri, setelah resmi menjadi istri kita, jangan hanya karena sebuah masalah rumah tangga lalu kita mencari istri yang lain. Kita harus tetap konsekuen dengan pilihan kita.

Demikian pula dalam bidang usaha. Kita boleh mencoba segala bentuk usaha. Kita bekerja di pabrik A, di Pabrik B, kita belajar ketrampilan A dan kita belajar ketrampilan B.

Tapi setelah kita memilih satu jenis usaha, hanya karena tidak segera menghasilkan, lalu kita ganti profesi, ganti usaha yang lainnya. Hari ini buka bengkel las, besok buka percetakan, bulan depan ganti membuat toko pakaian. Jangan seperti ini. Jika satu usaha yang kita lakukan tidak juga menunjukkan hasil, mungkin ada kesalahan dari sistem yang kita terapkan.

Perbaiki sistem yang kita terapkan tersebut, tapi bukan mengganti jenis usahanya. Seperti halnya dalam berumah tangga, jika ada permasalahan, yang harus kita lakukan adalah menyelesaikan masalah dan memperbaiki keluarga bukan mengganti dengan istri yang baru.

7. Penuhi jasmani dan rohani kita dengan ungkapan rasa syukur.

Rasa syukur bisa terdiri dari fisik dan non fisik. Semua yang keluar dari jasmani kita tidak akan sempurna tanpa diikuti oleh rohani kita, demikian pula sebaliknya. Berapapun hasil yang kita dapatkan saat ini, harus kita syukuri. Seandainya kita sudah mampu menjadi pribadi yang mapan dan penuh dengan kesuksesan, selalu basahi bibir kita dengan ucapan rasa syukur.

Apapun dan berpapun hasil yang kita dapat, gunakan mulut kita untuk bersyukur bukan untuk merendahkan orang lain. Gunakan mulut untuk senantiasa memuji sang pencipta, bukan untuk menghina orang yang kesusahan.

Salah satu guru besar di Insonesia yaitu Profesor Sahetapi pernah mengatakan, jika kesombongan ada pada diri kita, maka kejatuhan sudah dekat. Dan ini memang benar adanya. Inilah kenapa kita harus meningkatakan iman dan taqwa kita agar kita senantiasa bisa bersyukur dan rendah hati.

Ungkapan rasa syukur tidak harus berbentu ucapan lisan, kita dapat mewujudkannya dalam bentuk yang lain seperti menyumbang ke pondok yatim piatu, menyumbangkan dana pendidikan, membantu orang yang sedang mengalami kesusahan. Dan banyak hal lainnya yang dapat kita lakukan untuk mengungkapkan rasa syukur agar kita dapat mencapai sukses yang nyata, yaitu sukses dunia dan akherat.


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar