Home » Blogging » 5 Sumber Ide menulis di Blog

Sumber Ide Menulis Blog

5 Sumber Ide menulis di Blog

Bingung mau nulis apa lagi. Tidak tahu mencari Sumber Ide menulis. Blog yang professional adalah blog yang mempunyai konten hasil karya sendiri bukan dari hasil copy paste dari web lain. Tapi manusia memiliki batasan-batasan sebuah ide. Bagaimana mungkin menulis hinggal 10 ribu artikel dalam waktu satu bulan? Bukankah kita akan kehabisan ide. Lalu akan keluar pertanyaan, mau nulis apa lagi ya?

Jika anda ingin menulis di sebuah blog, kita bisa membaca sedikit ulasan berikut ini.

Saat anda merasa sudah kehabisan ide, mulailah berdiskusi dengan orang lain. Apa permasalahan mereka keluh kesah pertanyaan, dari sanalah ide-ide itu akan mulai bermunculan.

Sumber Ide menulis Blog atau Website.

  1. Dapatkan ide menulis dari pertanyaan para pengunjung blog.

    Perlu saya garis bawahi, pengunjung blog disini ada dua artian, yang pertama, pengunjung blog pribadi anda, dan yang kedua, pengunjung dari blog atau website orang lain.

    Dari pertanyaan merekalah anda akan mempunyai ide apa yang sedang mereka cari sampai mereka bertanya. Pasti pertanyaan mereka belum ada yang memberikan jawaban lewat blog atau website yang lain.

    Kini giliran saya yang menjawab, maka jika nanti ada yang melakukan pencarian yang sama, maka mereka akan tergiring ke blog atau website kita.

  2. Dapatkan ide dari sebuah survey.

    Memang cara ini sedikit terlihat professional. Dimana kita akan melakukan survey atau melakukan pertanyaan kepada orang banyak. Ada beberapa cara melakukan survey, yaitu salah satunya adalah dengan mengirimkan email. Atau bisa saja anda berkunjung ke suatu tempat, lalu anda memperhatikan apa yang ada disana.

    Dengan survey lokasi anda akan mendapatkan ide cemerlang tentang apa yang ingin anda tulis. Tapi usahakan tetap fokus kepada sebuah pertanyaan, apa yang orang cari.

  3. Dapatkan ide menulis dari tulisan yang sebelumnya.

    Kadang kita mengabaikan artikel-artikel kita yang telah usang. Misal, kita pernah membuat artikel tentang harga handphone android. Seminggu kemudian, anda dapat mengupdate tulisan ini menjadi sebuah artikel baru, dengan tema harga terbaru handphone android.

  4. Dapatkan ide menulis dari pengalaman pribadi anda.

    Setiap orang mempunyai pengalaman pribadi. Namun tidak semua orang mengalami hal yang sama. Ada orang yang sudah mengalami sakit, ada juga orang yang belum mengalami sakit. Misal anda pernah sakit hati. Dengan pengalaman ini anda bisa membuat sebuah artikel tentang bagaimana mengobati sakit hati.

    Dari sinilah mereka yang baru mengalami sakit hati akan mendapatkan pengalaman dari yang anda tulis. Sehingga pengalaman anda berubah menjadi pengalaman yang bermanfaat bagi orang lain.

  5. Dapatkan ide dari sosial media atau chatting.

    Chatting dan sosial media ini bersifat umum. Pada intinya anda melalukan perbincangan dengan orang lain. Dari sinilah anda akan mempunyai ide apa yang akan anda tulis berikutnya.

    Buatlah topik-topik perbincangan kalian menjadi sebuah kategori. Dari kategori-kategori yang terkumpul, bisa anda gunakan berulang-ulang saat anda kehilangan ide menulis.


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar