Home » kecantikan » 4 Cara Mengecilkan Perut 100% Berhasil

Cara mengecilkan Perut

4 Cara Mengecilkan Perut 100% Berhasil

Cara mengecilkan perut menjadi momok tersendiri bagi beberapa orang. Kali ini kami akan memberikan beberapa informasi tentang kesehatan terutama tentang anda yang mempunyai permasalahan tentang perut buncit. Dengan melakukan 4 Metode dibawah ini, kami yakin permasalahan anda seputar perut besar atau buncit akan segera teratasi.

4 Cara Mengecilkan Perut

  1. Mengendalikan rasa lapar.
  2. Melakukan Diet yang baik dan seimbang.
  3. Contoh Diet yang baik.
  4. Contoh Latihan Olahraga untuk mengurangi berat badan.

Cara Mengecilkan Perut

Kebutuhan akan makanan sudah barang tentu menjadi kebutuhan setiap manusia. Terkadang manusia lupa mengkontrol kebutuhan yang satu ini. Hal ini akan menyebabkan kegemukan khususnya pada bagian perut. Kegemukan bukan disebabkan banyaknya makan, namun pola makan dan kandungan yang terdapat pada makanan tersebut. Untuk itu, kami akan menuliskan beberapa langkah mengkontrol rasa lapar dan mengubah pola makan yang tepat.

Makan yang sering menjadikan kegemukan adalah makan yang dilakukan saat merasa bosan. Seperti sambil menonton TV kita mengkonsumsi makanan yang berlemak atau makanan ringan yang menurut kita enak dimakan namun sedikit mengandung gizi serta kalori. Sehingga rasa lapar akan terus ada. Akibatnya, kita akan menjadi sering makan yang mana kita tidak mengetahui bahkan tidak memperdulikan kandungan zat yang terkandung pada makanan. Langkah untuk mengantisipasinya adalah :

Gambar Ilustrasi

Gambar Ilustrasi

Cara mengecilkan Perut

  1. Makanlah secara perlahan.
    Jika biasanya untuk menghabiskan makanan kita membutuhkan waktu antara 5 – 15 menit, rubahlah kebiasaan tersebut. Habiskan makanan lebih lama dari biasanya. Misal, 30 menit untuk menghabiskan makanan. Hal ini untuk melatih pencernaan agar tidak bekerja ekstra. Sehingga rasa lapar akan lebih terkontrol.
     
  2. Minum teh atau kopi.
    Jika rasa lapar datang, sedangkan dalam waktu dekat sebelumnya telah mengkonsumsi makanan, maka kita dapat mengisi perut kita dengan meminum teh atau kopi tanpa susu. Kita boleh menggunakan gula namun jangan terlalu banyak. Lebih baik lagi jika tanpa menggunakan gula. Meminum kopi atau teh akan membuat tubuh kita mendapatkan kalori tanpa harus menyerap lemak yang tidak baik bagi pencernaan. Karena tidak semua lemak itu menyebabkan kegemukan. Hanya makanan berlemak tidak sehatlah yang dapat menyebabkan kegemukan.
     
  3. Berhentilah makan sebelum lapar mulai makan sebelum lapar.
    Setelah kita memahami kapan waktu-waktu perut kita merasa lapar, kita dapat menerapkan cara yang satu ini. Berhentilah makan sebelum lapar. Ini sangat baik dalam mengendalikan kerja lambung. Perut yang terlalu penuh dengan makanan akan menyebabkan lambung bekerja lebih berat. Jika kita biasanya makan satu piring penuh, ambillah porsi 2/3 piring. Setelah terbiasa, kurangi menjadi setengah piring. Secara perlahan lambung akan bekerja normal tanpa sering merasa lapar. Setelah kita tahu jam-jam dimana kita merasa lapar, makanlah setengah jam sebelumnya dengan porsi yang sudah kita atur sebelumnya. Hal ini dapat mencegah keinginan kita untuk makan lebih banyak. Secara naluri, jika perut sudah lapar, maka ingin segera megisinya dengan makan sebanyak-banyaknya. Dan hal inilah yang tidak baik bagi kesehatan.

Cara Mengecilkan Perut Dengan Melakukan Diet Yang baik

Sebagian besar dari orang yang memiliki masalah dengan berat badan pasti sudah melakukan diet. Namun sayangnya, mereka melakukan diet yang salah. Seperti menyiksa diri dengan tidak makan. Lalu lebih memilih makanan ringan dan buah-buahan yang kaya akan lemak tidak sehat namun sedikit kalori. Dan cara melakuakan diet yang baik adalah dengan cara :

  1. Makanlah makanan yang mengandung karbohidrat seperti beras, gandum, ubi-ubian berdasar porsi yang sudah diatur pada bagian awal tadi. Karbohidrat yang berlebihan akan tersimpan menjadi lemak. Dan akan menyebabkan bertambahnya berat badan.
  2. Makanlah buah-buahan yang sedikit mengandung lemak jenuh (Lemak yang tidak sehat). Memakan jeruk lebih baik dari pada memakan buah apel. Karena jeruk banyak mengandung kalori dan vitamin, sedangkan apel sangat sedikit kalori lebih banyak mengandung gula yang dapat menyebabkan kegemukan.
  3. Hindari jenis makanan yang mengandung lemak jenuh, seperti keripik, kerupuk, segala makanan yang dipanggang, kelapa, mentega, selai, kue, sereal, dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan kandungan lemak jenuh didalam makanan tersebut akan sangat sulit di urai dan akan tersimpan sebagai lemak yang menyebabkan kegemukan.
  4. Makan makanan yang mengandung Nutrisi. Dengan memakan makanan yang mengandung nutrisi seperti telur, brokoli, kangkung, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan lain sebagainya akan membuat perut kita tidak mudah lapar sehingga terhindar dari makan yang berlebihan.

Dengan mengetahui kandungan vitamin dan gizi pada makanan, kita dapat mengatur makanan yang baik bagi tubuh kita namun sangat sedikit resiko yang menyebabkan kegemukan. Makan sehari 5x dengan porti yang terukur, dan kandungan kalori, vitamin, serta gizi yang baik ini lebih efektif menurunkan berat badan dari pada makan sehari semalam satu kali namun banyak mengandung karbohidrat serta lemak jenuh. Puasa kita sehari semalam sia-sia jika kita melakukan hal ini. Mulai dari sekarang, perhatikan pola makan dan asupan gizi dari makanan yang kita konsumsi.

 

Contoh Diet Yang Seimbang

Sebagai contoh dalam melakukan diet adalah memulainya dari pagi hari. Untuk itu, kami akan memberikan contoh bagaimana porsi diet yang baik. Selamat menyimak dan lakukan jika menurut anda ini dapat anda lakukan.
  1. Porsi diet dipagi hari.
    Pada pagi hari, lakukan sarapan yang sehat. Konsumsi makanan yang mengandung Karbohidrat dan nutrisi yang cukup. Hindari makanan atau minuman yang mengandung kafein. Contoh sarapan yang sehat adalah dengan makan 2 roti gandum. Jika anda tidak terbiasas dengan makanan ini, anda dapat melatihnya. Jika belum juga bisa, anda boleh tetap makan nasi dengan porsi yang tidak berlebihan. Karena akan ada makanan tambahan yang akan membuat perut anda kekenyangan jika anda makan nasi terlalu banyak. Seperempat piring nasi kami rasa cukup.

    Makanlah buah pisang yang lumayan besar. Lalu makanlah 2 buah jeruk. Dengan meminum air putih agar tidak terhindar dari dehidrasi. Bagi orang Indonesia, makan buah dipagi hari akan sangat beresiko mules. Untuk itu, latihlah mengkonsumsinya, namun jika anda rasa perut anda sering bermasalah, latihlah secara perlahan. Hingga anda terbiasa. Rasa mulas pada perut setelah mengkonsumsi pisang dan jeruk ini artinya pencernaan kita bekerja lebih baik. Sehingga zat yang tidak dapat diserap tubuh akan segera terbuang dan tidak membusuk didalam tubuh.

  2. Pola makan siang.
    Waktu yang tepat untuk makan siang adalah sebelum perut anda merasa lapar kembali. Tidak harus disaat istirahat jam kerja. Tidak harus jam 12 siang. Anda yang lebih tau kapan perut anda meminta jatah makan disiang hari. Yang kami tekankan pada porsi makan siang adalah, cobalah memakan salad untuk makan siang anda. Jika anda merasa aneh memakan salad, anda dapat menggantinya dengan makan 2 potong roti tawar. Jika masih belum terbiasa, makanlah sedikit nasi dengan ayam tanpa digoreng atau dipanggang. Untuk memenuhi kebutuhan kalori, anda dapat makan kacang-kacangan dan kentang.
  3. Porsi diet untuk makan malam.
    Makanlah kentang sebagai porsi makan malam anda. Sekali lagi, akan sulit jika kita tidak makan nasi. Oleh karena itu, anda dapat pula makan nasi dengan ayam tanpa lemak. Untuk memenuhi kebutuhan anda akan makanan, anda dapat memakan cemilan yang sehat seperti kacang-kacangan, makan buah jeruk dan sedikit apel.
  4. Olahraga Ringan.
    Lakukan olah raga ringan beberapa saat setelah makan. Entah itu sarapan, makan siang atau makan malam. lakuan satu jam setelah makan paling tidak untuk latihan lakukan push up sebanyak 5 kali. Lalu melompat-lompat 1 – 2 menit. Hal ini di lakukan agar proses pembakaran tubuh menjadi sempurna. Sehingga gizi dan vitamin dari makanan yang kita makan bisa terserap oleh tubuh dengan sempurna pula.

Cara Mengecilkan Perut Dengan Berolah Raga

Tidak semua orang memiliki hobi olah raga. Terlebih mereka yang mempunyai masalah berat badan. Olah raga menjadi hal yang sangat asing baginya. Sebenarnya, kita tidak harus melakukan olah raga yang berat untuk menurunkan berat badan. Jika yang menjadi masalah adalah perut yang buncit. Kita tidak bisa hanya terfokus pada perut buncit tersebut. Mau tidak mau kita harus menurunkan berat badan pada kita keseluruhannya. Contoh olah raga yang ringan dan sangat membantu membakar kalori adalah 

  • Berenang.
  • Joging jika kita mempunyai waktu dan tempat.
  • Senam aerobik.
  • Bersepeda.

Bagi anda yang ingin mengecilkan perut, bersepeda adalah olah raga yang kami sarankan. Selain mudah, bersepeda dapat menekan otot pada area perut. Sehingga saat pembakaran kalori, perut akan tertekan sedikit demi sedikit dan pada akhirnya akan kembali normal. Jika pola diet dibarengi dengan olah raga yang teratur. Permasalahan kita tentang berat badan dan perut buncit pasti akan segera terselesaikan.


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar