Home » peluang usaha » 10 Peluang Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga

peluang usaha sampingan untuk ibu rumah tangga

10 Peluang Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga

Peluang usaha sampingan untuk ibu rumah tangga tentunya akan selalu dinanti bagi mereka yang ingin memiliki kesibukan. Terkadang wanita juga menginginkan sebuah pekerjaan entah sekedar memanfaatkan waktu kosong atau sekedar ingin membantu suami. Namun sayangnya, tidak setiap wanita mengerti dan paham antara potensi diri dan peluang yang dapat diambil. Demikian pula dengan seorang suami, kebanyakan dari mereka tidak tau jenis peluang apa yang bisa diberikan untuk sang istri. Sehingga, selain mengurus anak, istri juga memiliki kesibukan yang positif.

10 Peluang usaha sampingan untuk Ibu Rumah Tangga diantaranya adalah :

Menjahit

Bagi Ibu Rumah Tangga, menjahit menjadi salah satu pekerjaan sampingan yang paling digandrungi. Sebagian mereka yang lebih ahli, mereka dapat menjahit berbagai model pakaian, namun banyak juga diantara mereka yang belum begitu mahir dalam menjahit, namun juga memiliki semangat untuk dapat menghasilkan dari menjahit.

Menjahit menjadi Peluang Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga karena dari segi permodalan cukup ringan dan terjangkau. Dan Salah satu solusi yang belum mahir diantaranya adalah dengan cara bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan garment. Beberapa perusahaan garment memiliki channel diluar perusahaan, mereka memberikan kesempatan bagi siapa saja yang ingin menghasilkan dari menjahit.

Membuka toko atau warung sederhana

Peluang Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga berikutnya adalah toko atau warung sederhana. Jika anda memiliki rumah sendiri atau tempat tinggal yang boleh di modifikasi, membuka toko atau warung sederhana di depan rumah menjadi pilihan bijak. Sedikit tips, untuk sekelah toko atau warung sederhana, jadikan orang-orang sekitar sebagai target pasar. Sehingga tidak membutuhkan modal yang extra besar untuk melakukan stok barang. Utamakan menyetok barang tentang kebutuhan sehari-hari.

Beternak

Mungkin satu peluang ini hanya cocok bagi mereka yang tinggal agak jauh dari keramaian kota. Tempat tinggal yang belum begitu padat bisa memanfaatkan lahan yang ada menjadi kandang ternak. Peluang Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga ini tidak harus dalam jumlah besar. Memulai beternak seperti ayam dari skala kecil bisa kita lalukan untuk memanfaatkan waktu senggang.

Berjualan Makanan atau Kue

Bagi Ibu Rumah Tangga yang mempunyai hobi masak memasak, kita bisa membuat makanan kita sendiri seperti kue basah ataupun kue kering, lalu kita memasarkannya ke lingkungan sekitar. Kita bisa menitipkan kue hasil buatan tersebut ke warung-warung atau sekedar memajangnya di depan rumah.

Salah satu strategi pemasaran Peluang Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga ini adalah dengan membawa contoh masakan ke kalayak ramai. Seperti dalam sebuah arisan, kita bisa membawa produk yang kita buat untuk di icipi oleh ibu-ibu yang lain. Semakin enak semakin mudah diingat produk kita.

Bercocok tanam

Anda yang memiliki waktu luang dan juga lahan yang bisa dimanfaatkan dapat mengambil solusi ini. Peluang Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga yang satu ini adalah dengan bercocok tanam. Bagi yang tinggal di pedesaan yang memiliki lahan extra, mungkin ini bukan menjadi sebuah masalah. Namun bagi mereka yang tinggal di lahan terbatas tentunya menjadi problem tersendiri.

Untuk kalian yang tidak memiliki kebun atau lahan untuk bercocok tanam. Kita bisa menggunakan teknik menanam secara vertikultur. Dengan bercocok tanam sayur-sayuran dan kebutuhan sehari-hari, kita bisa memiliki peluang untuk tetap menghasilkan setiap harinya.

Membuat kerajinan tangan

Ketrampilan dan ketelitian wanita biasanya lebih baik dari pada pria. Membuat pernak-pernik asesoris kerajinan tangan bisa dimanfaatkan oleh beberapa Ibu Rumah Tangga. Produk yang dihasilkan bisa di pasarkan di lingkungan sekitar atau bahkan jika dapat memperbaiki mutu atau kualitas dapat mengembangkannya ke jangkauan bisnis yang lebih luas. Peluang Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga ini sangat berpeluang untuk menjadi usaha skala besar.

Berjualan Pulsa Elektrik

Peluang Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga yang tak kalah minatnya adalah dengan berjualan pulsa. Namun ada baiknya untuk meminta ijin terlebih dahulu kepada suami jika ingin menjalankan bisnis ini. Sebab, dengan berjualan pulsa elektrik, seorang Ibu Rumah Tangga akan lebih berinteraksi dengan dunia luar. Lebih sering bertemu dengan laki-laki yang bukan muhrim. Hal ini kita lakukan agar suami tidak menaruh kecurigaan hingga cemburu terhadap semua aktifitas yang kita lakukan.

Membuka toko online

Jika anda Ibu Rumah Tangga yang smart dan tetap ingin mempunyai kesibukan tanpa harus meninggalkan kewajiban, mengelola toko online bisa menjadi alternatif pilihan yang sangat bijak. Peluang Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga tidak harus muluk-muluk. Kita bisa memanfaatkan sosial media untuk menawarkan beberapa produk yang bisa kita jual. Kita bisa bekerja sama dengan teman atau mencari partner bisnis untuk produk yang akan kita jual. Prinsip pertama dari berbisnis online adalah kejujuran.

Mengelola Blog

Kemampuan menganalisa dan kecepatan dalam berfikir seorang wanita bisa dicurahkan ke dalam bentuk tulisan blog. Dan dari blog seorang Ibu Rumah Tangga bisa tetap menghasilkan. Bahkan jika kita tekuni, penghasilan dari blog bisa lebih besar berkali-kali lipat dari yang kita bayangkan.

Menjadi Penulis

Bagi sebagian Ibu Rumah Tangga, diantara mereka memiliki bakat dalam hal tulis menulis. Dan hal ini dapat kita manfaatkan untuk membuat sebuah buku. Kemampuan wanita dalam hal rasa bisa sangat mendukung dalam peluang usaha ini. Tidak harus terburu-buru dalam menyelesaikan buku agar kita tidak terlalu sibuk hingga akhirnya lupa dengan kewajiban yang sesungguhnya yaitu mengurus suami dan anak.

Jangan lupa untuk memperhatikan Halal Haram dalam bisnis. Sebab, hanya rejeki yang halal yang dapat memberikan manfaat bagi kehidupan kita dunia akhirat.


☼ Joko Kristanto

Berbagi informasi dan pengalaman seputar wirausaha dan bisnis. Membantu menyalurkan pengalaman meskipun hanya seadanya. Mendirikan paguyuban pelatihan kemandirian secara gratis dibawah naungan Wirasejati Jaya Group. Kami memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mencapai tujuan ini.

2 komentar

  1. Berkreasi dengan bahan seadanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Nuwun sewu ongko ingkang paling ageng - bilangan terbesar